BREAKING NEWS
 

Didukung WHO Dan Uni Eropa

Semoga Saja Target Vaksinasi 1 Juta Orang Per Hari Tercapai

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Jumat, 19 Maret 2021 05:15 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Dok. Kemkes).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama pemerintah dengan World Health Organization (WHO) dan Uni Eropa dalam penanganan Covid-19 disambut gembira masyarakat.

Kerja sama yang diluncurkan secara virtual tersebut dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket dan WHO Representative untuk Indonesia N Paranietharan.

Budi Gunadi senang mendapatkan dukungan Uni Eropa dan WHO dalam upaya memerangi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Baca juga : Jumlah Penerima Bansos Menyusut

Menurutnya, dukungan ini akan men­jadi cambuk bagi pemerintah untuk terus memperbaiki sistem dan infrastruktur kesehatan di Tanah Air.

“Kita perlu memerangi Covid-19 dengan bekerja bersama dan bekerja secara inklusif. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan perlu merangkul seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan dan membangun gerakan” katanya.

Budi Gunadi menekankan, pemerintah juga akan terus meningkatkan protokol kesehatan (prokes) agar bisa memenuhi standar internasional. Peningkatan standar prokes menjadi sangat penting dalam salah satu upaya penanggulangan pandemi.

Baca juga : Ma`ruf Berdoa Usai Disuntik

“Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah acara internasional bergengsi seperti pertemuan G20 pada tahun 2022,” ujarnya.

Dalam menangani pandemi, Budi Gunadi menyebut empat pilar yang harus diperkuat. Pertama, pilar diagnosis. Dalam hal ini pemerintah memperkuat kapasitas testing, pelacakan dan isolasi.

Pilar kedua, perawatan. Di mana sistem kesehatan Indonesia harus bisa menangani seseorang yang terkena virus asal Wuhan ini dengan cepat dan tepat.

Baca juga : Kabar Gembira, Tapi Bikin Waswas

Pilar ketiga, vaksinasi Covid-19. Saat ini, kata Budi Gunadi, vaksinasi baru bisa disuntikkan kepada kurang lebih 400 ribu orang per hari. Ke depan, dia menargetkan bisa melakukan vaksinasi sebanyak 1 juta orang per hari.

“Sehingga bisa menyelesaikan vaksinasi kepada 181,5 juta orang di Indonesia pada akhir tahun ini,” katanya.

Pilar keempat, bagaimana Indonesia bisa memperbaiki sistem kesehatan publik. Termasuk, memperkuat keberadaan Puskesmas agar bisa mengedukasi seluruh masyarakat untuk menerapkan standar protokol kesehatan yang baru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense