BREAKING NEWS
 

Shalat Berjemaah Di Masjid, Jangan Lupa Prokes Ya...

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : FITRIYANA YULIANTI
Minggu, 18 April 2021 08:45 WIB
Shalat berjemaah di tengan pandemi. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan ibadah saat Ramadan tetap harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan (prokes). Termasuk saat menjalankan shalat berjemaah. Seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Lawancovid19_id mengunggah meme ten­tang fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait shalat berjemaah di tengan pandemi. Berdasarkan fatwa itu, hukum shalat berjemaah boleh dilakukan dengan merenggangkan saf demi menjaga jarak.

“MUI juga menyebutkan, ketika shalat mengenakan masker yang menutup mulut dan hidung adalah boleh dan sah,” ujar la­wancovid19_id.

Baca juga : Penurunan Kasus Covid-19 Harus Selalu Dijaga Ya

Ahong184 mengingatkan, pandemi belum usai. Kendati begitu, pemerintah saat ini telah membolehkan masyarakat menjalankan iba­dah shalat tarawih secara berjemaah sepanjang Ramadan 2021. Namun pelaksanannya tetap harus mematuhi prokes.

“Jaga protokol kesehatan selama Ramadan. Perhatikan jarak aman ketika shalat tarawih berjemaah. Ingat, Ramadan tetap 5M. Tetapkan prokes di mana pun berada,” se­ru PBantarsari.

YPulhehe senang bisa kembali shalat berjemaah di masjid. Tak lupa, dia mengingat­kan Muslim lainnya untuk tetap mematuhi prokes.

Baca juga : Kirim Mentahnya Saja Ke Kampung Halaman

“Semoga ibadah Ramadan kali ini diberi­kan kemudahan dan kelancaran. Aamiin,” doanya.

Menurut RusmadiWongso, Muslim yang shalat berjemaah di masjid, baik shalat fardu maupun shalat tarawih, luar biasa mematuhi prokes. Para jemaah dan pengurus masjid tetap disiplin menjalankan prokes. “Diatur berjarak dan je­maah menggunakan masker,” ungkap dia.

Adsense

FauzanNoor6 tidak khawatir lagi shalat di masjid. Kata dia, beribadah ke masjid jadi lebih tenang karena sudah diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru. Yaitu, dengan mengi­kuti anjuran pemerintah dengan 3M; mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense