Dark/Light Mode

Jangan Khawatir, Puasa Bikin Imun Kuat Kok...

Jumat, 16 April 2021 07:57 WIB
Puasa efektif membantu proses peremajaan sistem imun melalui produksi sel darah putih baru. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).
Puasa efektif membantu proses peremajaan sistem imun melalui produksi sel darah putih baru. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan banyak manfaatnya. Salah satunya, membantu peremajaan sistem imun.

Lawancovid19_id mengunggah meme yang mengutip pernyataan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Diungkap Wiku, banyak studi yang menyatakan puasa efektif membantu proses peremajaan sistem imun melalui produksi sel darah putih baru.

“Jangan lupa sahur yang cukup dengan gizi seimbang dan tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas di bulan puasa ini,” tulis lawancovid19_id.

Baca juga : Ini Tips Dari Dokter Reisa

BPitut mengatakan, sejak dulu para ahli kesehatan menyebut puasa Ramadan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak perlu khawatir imunitas tubuh akan menurun karena puasa di tengah pandemi Covid-19.

Puasa Ramadan menyehatkan manusia. Khusus yang menjalankannya, karena ada peremajaan imun dari dalam tubuhnya sendiri,” tutur WqKusuma2.

Ahmadhisbullaha mengungkapkan, saat puasa tubuh akan melakukan energy conserva­tion mode sebagai upaya menghemat energi. Sel imun yang tua atau rusak akan berganti dengan sel imun baru yang lebih sehat, seh­ingga sistem imun meningkat.

Baca juga : BPTJ Pengen Penumpang Aman Dari Virus Corona

“Pasti imun meningkat. Contoh kecil ajalah, dengan puasa gula darah jadi normal. Apa yang dianjurkan Tuhan semuanya untuk ke­baikan manusia,” tutur desiari42790862.

Pemkabpinrang mengatakan, peremajaan sistem imun akan tercapai jika puasa dilakukan dengan benar.

Pld_kb mengajak masyarakat mening­katkan imunitas. Dan kepada Muslim, dia mengajak meningkatkan keimanan di bulan puasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.