BREAKING NEWS
 

Panglima Nyatakan Awak Nanggala-402 Gugur

53 Hiu Kencana Insya Allah, Syahid

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 26 April 2021 07:58 WIB
Kesedihan melepas KRI Nanggala-402/Ilustrasi (Kartun: Mice)

 Sebelumnya 
Presiden Jokowi sangat berduka mendengar kabar ini. “Musibah ini mengejutkan kita semua. Tidak hanya keluarga 53 awak kapal, keluarga Hiu Kencana, maupun keluarga besar TNI Angkatan Laut, tapi juga seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya, kemarin.

Kepala Negara menyebut, 53 Hiu Kencana itu merupakan patriot terbaik. “Kita semua bangsa Indonesia menyampaikan kesedihan yang mendalam atas musibah ini khususnya kepada seluruh keluarga awak kapal selam. Mereka adalah putra putra terbaik bangsa, patriot terbaik menjaga kedaulatan negara,” imbuhnya.

Baca juga : 53 Awak Nanggala-402 Dipastikan Meninggal, DMI Ajak Umat Islam Shalat Ghaib

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga sangat berduka. Melalui akun Instagram pribadinya, @prabowo, dia menyampaikan belasungkawa atas gugurnya 53 awak kapal tersebut. 

"Saya, Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, menyampaikan rasa bela sungkawa yang paling mendalam untuk tragedi yang menimpa Kapal Republik Indonesia Nanggala-402," tulisnya, kemarin.

Baca juga : KASAL Pastikan, Tenggelamnya KRI Nanggala-402 Bukan Karena Human Error

Prabowo kemudian menuliskan 53 nama prajurit KRI Nanggala yang gugur saat tugas. Ketua Umum Partai Gerindra itu menegaskan, pengabdian mereka tidak akan sia-sia. “Kami titipkan kedaulatan laut Indonesia kepada kalian. Selamat jalan. Selamat berlayar menuju keabadian,” tulisnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendoakan yang terbaik untuk 53 prajurit Hiu Kencana itu. Yaqut merasakan betapa sedihnya keluarga korban. Namun, dia berharap, keluarga tetap bisa bersabar. Sebab, menurutnya, prajurit yang tenggelam bersama KRI Nanggala 402 mati syahid. 

Baca juga : Inalillahi! 53 Awak KRI Nanggala-402 Dipastikan Meninggal Dunia

"Semoga, mereka semua tercatat sebagai syuhada dan pejuang bangsa. Keluarga mereka senantiasa diberi kesabaran dan ketabahan. Aamiin," kata Yaqut. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense