BREAKING NEWS
 

Wapres Soroti Soal Ketenagakerjaan

Angka Pengangguran Tinggi Produktivitas Masih Rendah

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Rabu, 9 Juni 2021 05:38 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meresmikan pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (08/06/2021). (Foto : Setkab).

 Sebelumnya 
Agar tercipta tenaga kerja yang handal, Ma’ruf menga­takan, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Diperlukan keterlibatan pemerintah daerah, BUMN, swasta, perguruan ting­gi dan lembaga riset, organisasi kemasyarakatan. Termasuk lem­baga keagamaan seperti pondok pesantren yang tersebar di ber­bagai pelosok daerah.

Sementara, Menteri Ketena­gakerjaan (Menaker) Ida Fauzi­yah meminta para pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas bersinergi dengan industri. Ini di­lakukan untuk mendukung upaya memperluas kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran.

Baca juga : Resmikan Lapangan Merakes, Menteri Arifin Genjot Produksi Gas Nasional

“Sinergi diperlukan BLK ko­munitas untuk menyiapkan tena­ga kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan sektor usaha dan industri,” ujar Ida.

Menurut Ida, BLK bisa me­nyiapkan tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan industri melalui program pelati­hannya. Dan industri juga bisa mendapatkan tenaga yang lebih siap bekerja dengan menyerap lulusan BLK.

Baca juga : Krisis Moral Pangkal Perbuatan Korupsi, Etika Moral Bisa Mencegahnya

Kementerian Ketenagakerjaan juga terus berupaya memperkuat pelatihan vokasi untuk meningkatkan kualitas SDM. Antara lain, dengan melakukan trans­formasi BLK.

Sebagai balai pelatihan vokasi, BLK diarahkan menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Agar permasala­han tenaga kerja dan pengangguran di Indonesia bisa terselesaikan.

Baca juga : Latih Tanding, Produktivitas Gol Persib Masih Loyo

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Februari 2021 terdapat 8,75 juta orang berstatus penganggur terbuka. Meski masih tinggi, angka ini menurun dibandingkan Agustus 2020, yakni 9,7 juta pengang­guran terbuka. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense