BREAKING NEWS
 

Jakarta Rekor Lagi, Rekor Lagi

Jatim Terbanyak Innalillahi

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 21 Juni 2021 08:19 WIB
Pemakaman jenazah pasien Covid-19 (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sejak Covid-19 menghantam Jatim, 12.074 pasien dilaporkan meninggal dunia. Surabaya menyumbang angka kematian terbanyak, 1.382 orang. Blitar di urutan kedua, 709 orang. Sementara Bangkalan, yang lagi jadi konsentrasi perhatian karena mengalami ledakan kasus Covid-19, menempati urutan ke 18, dengan 268 kematian.

Sabtu (19/6) sore, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menggelar rapat koordinasi di Bangkalan. Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta ikut hadir. Yang dibahas adalah analisa dan evaluasi penanganan Covid-19.

Baca juga : Mega-Pro Bisa Ditinggal Milenial

Dalam rapat itu, Khofifah menekankan pentingnya update data dan klasifikasi zona wilayah, agar penanganan lebih terarah. “Sebagai panduan pelaksanaan tugas bagi personel gabungan dan bahan analisa evaluasi pelaksanaan tugas,” ucap mantan Menteri Sosial ini.

Soal angka kematian yang tinggi, Ketua Satgas Kuratif Jatim, Dr Joni Wahyuhadi punya data lengkap dan analisisnya. Rata-rata kasus kematian di Jatim didominasi pasien dengan komorbid (penyakit bawaan) berat. "Komorbidnya (kebanyakan) jantung, diabet dan hipertensi," kata Joni, ketika dikonfirmasi, tadi malam.

Baca juga : Vaksin AstraZeneca Laris Manis Di Malaysia, Ternyata Ini Kuncinya

Selain itu, pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) sudah dalam kondisi parah, hingga saturasi oksigen jelek. Kondisi itu yang menyebabkan peluang kesembuhannya kecil.

Ia membantah, tingginya angka kematian di Jati. disebabkan penanganan Covid-19 yang kendor. Buktinya, rumah sakit darurat lapangan terus ditambah, begitu juga 3T alias tracing, testing dan treatment, masih digencarkan. "Selain itu, vaksinasi Covid-19 kita juga yang tertinggi di Indonesia sejak Maret 2021," tandasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense