BREAKING NEWS
 

Bantu Warga Terdampak PPKM Darurat

MUI Minta Pengurus Masjid RT/RW Galang Zakat, Infaq, Dan Sedekah

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Sabtu, 17 Juli 2021 12:16 WIB
Wakil Ketua MUI Anwar Abbas. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta pengurus masjid di lapis bawah, terutama di tingkat RT/RW, mengambil inisiatif menggalang dana zakat, infaq, dan sedekah untuk warga yang terdampak kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Pengurus masjid nantinya bekerja sama dengan lembaga-lembaga amil zakat yang ada, serta berkoordinasi dengan pengurus RT dan RW untuk mendistribusikan dana tersebut ke warga.

"Jadi setiap warga di tingkat RT dan RW tersebut dalam masa PPKM ini tidak ada yang kelaparan dan atau tidak terpenuhi kebutuhan pokoknya," ujar Anwar dalam siaran pers, Sabtu (17/7).

Baca juga : Mulai Besok, Polda Metro Jaya Jaga 100 Titik Penyekatan

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya warga yang tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) PPKM Darurat, meskipun dia membutuhkannya.

Adsense

Menurutnya, bantuan zakat, infaq, dan sedekah itu penting dilakukan agar PPKM Darurat tidak mendorong lahirnya krisis ekonomi dan sosial di lapis bawah.

Sebab, hal itu bisa mendorong terjadinya eskalasi dan menyebabkan terjadinya krisis ekonomi dan sosial ke tingkat yang lebih atas, bahkan ke tingkat nasional. Kondisi itu, bisa memantik kerawanan ekonomi dan sosial.

Baca juga : Pengusaha Jantungan

"Sehingga tidak mustahil tindak pencurian dan perampokan serta pembegalan dan tindak-tindak kriminalitas lainnya tentu akan meningkat, dan hal tersebut jelas tidak kita inginkan," bebernya.

Dia memahami, pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM Darurat untuk menekan penularan Covid-19 di Tanah Air yang masih sangat tinggi. "Jadi tujuan dari kebijakan tersebut harus kita dukung karena jelas dimaksudkan adalah untuk kebaikan kita semua," ucap Anwar.

Karena itu, dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan PPKM Darurat.

Baca juga : Sri Mul Terpaksa Harus Potong Sana, Potong Sini

"Diharapkan agar kita bisa secepatnya keluar dari pandemi Covid-19 ini dan ketentraman hidup masyarakat tetap dapat terjaga serta terpelihara, karena seluruh anggota masyarakat tetap dapat terjaga kesejahteraannya, sebab kebutuhan pokok mereka tetap dapat terpenuhi," tandas Anwar. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense