Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Warga Terdampak Pandemi, Wamenag Ajak Umat Berlomba Tunaikan ZISWAF

Senin, 12 Juli 2021 16:39 WIB
Wamenag KH Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Ist)
Wamenag KH Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 membawa dampak bagi kehidupan umat. Tidak hanya pada aspek kesehatan, tapi juga ekonomi, pendidikan, dan lainnya. Pandemi bahkan berdampak pada meningkatnya jumlah kemiskinan.

Hal ini disampaikan Wamenag KH Zainut Tauhid Saadi pada acara Diskusi Bulanan Yayasan Pesantren Tashwirul Afkar, Senin (12/7). Menurutnya, penduduk yang bergantung dengan penghasilan harian dan tidak punya tabungan, harus diselamatkan dari tubir jurang kemiskinan dan frustrasi sosial. 

"Peran Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) yang dikelola secara terlembaga oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) di samping membantu darurat medis, diharapkan membantu rakyat kecil agar bisa memenuhi kebutuhan dasar dan menjaga daya beli yang tertekan akibat Pandemi Covid-19," kata Wamenag.

Baca juga : Bantu Atasi Pandemi, Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta Gelar Vaksinasi Massal

Dikatakannya, program stimulus ekonomi serta Jaring Pengaman Sosial yang disiapkan pemerintah, memerlukan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk Baznas, LAZ dan BWI.

Kemenag telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama (Menag) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembayaran dan Pendistribusian Zakat Sebagai Jaring Pengaman Sosial Dalam Kondisi Darurat Kesehatan Covid-19. SE ini antara lain mengimbau Baznas dan LAZ agar memprioritaskan pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah yang dikelolanya secara langsung untuk meringankan beban hidup, menjamin kebutuhan pokok dan menjaga daya beli warga masyarakat lapisan bawah.

Seperti, rumah tangga miskin, pekerja harian di sektor informal, dan kaum ekonomi lemah lainnya yang termasuk kategori kelompok rentan dan mustahik atau penerima zakat.

Baca juga : 63 Ribu Orang Wafat Karena Covid-19, Menag Ajak Masyarakat Heningkan Cipta

"Pendistribusian ZISWAF harus dilakukan dengan prosedur pelayanan yang cepat, mudah dan aman serta sesuai ketentuan agama," ujar politisi PPP ini.

Dalam situasi dan kondisi apapun, lanjutnya, kesadaran berinfak harus ditumbuhkan dan diperkuat di kalangan umat Islam sebagai manifestasi dari spirit Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Apalagi, potensi pengumpulan zakat secara nasional yang mencapai R0 233 triliun per tahun, baru bisa direalisasikan hingga kini sekitar Rp 10 triliun. Sedangkan potensi dana wakaf Rp 180 triliun dan berdasarkan data BWI, pengumpulan wakaf uang baru mencapai Rp 819,36 miliar.

Baca juga : Manut Arahan Pemerintah, Panitia Tak Masalah Tunda Munas Kadin

"Saya mengajak segenap umat Islam untuk berlomba-lomba menunaikan ZISWAF sebagai bentuk kewajiban dan kepeduliannya terhadap sesama," ajaknya.

Wamenag yakin, gerakan ZISWAF serentak dan inklusif bisa menjadi salah satu instrumen untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial ekonomi. ZISWAF mendorong agar harta mengalir dan tidak menumpuk, serta ekonomi masyarakat tumbuh secara sehat dan adil.

"Saya kira, di sinilah kontribusi ZISWAF dalam arus baru ekonomi Indonesia dan pembangunan kemanusiaan yang perlu dikawal bersama. Semakin besar dana ZISWAF yang dihimpun dan disalurkan sesuai dengan peruntukannya, semakin besar kemaslahatan yang dapat dihadirkan kepada umat dan bangsa. Termasuk untuk pembangunan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan agama dan keagamaan, pondok pesantren dan sebagainya," pungkas Zainut. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.