BREAKING NEWS
 

Jawa Aman, Jenderal

Non Jawa Mencemaskan

Reporter & Editor :
APRIANTO
Rabu, 4 Agustus 2021 08:00 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Invetasi, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Kemenkomarves)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di bawah komando Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa-Bali mulai mengarah ke titik aman. Kasus Corona baru menurun, yang sembuh makin banyak. Memang, angka kematian masih tinggi, namun tingkat keterisian rumah sakit yang terus turun membuat masyarakat lebih tenang. Yang mencemaskan justru terjadi di luar Jawa.

Sudah lebih dari sepekan, kasus positif Corona di Jawa menunjukkan tren melandai. Salah satu yang paling terlihat, yakni penanganan kasus di Ibu Kota Jakarta. Jakarta yang sebelumnya masuk fase genting, kini mulai terkendali.

Baca juga : Jangan Ngobrol Saat Makan Di Warung

Kasus aktif harian di Ibu Kota, terus alami penurunan. Bila pertengahan Juli lalu, jumlah kasus ada di kisaran 8-10 ribu per hari. Saat ini, angkanya turun menjadi 1-2 ribu kasus per hari. Kemarin, jumlah kasus terus menurun hingga 1.600 kasus.

Bukan hanya kasus harian yang turun. Jumlah pasien sembuh pun terus bertambah. Kemarin, tambahnya 2.506 orang. Dengan tambahan tersebut, jumlah kasus aktif di Jakarta saat ini sebanyak 14.004 orang. Ini merupakan kasus aktif terendah sejak puncak kasus aktif 113 ribu kasus pada 16 Juli.

Baca juga : Jawa Menurun Non Jawa Menanjak

Dampak penurunan kasus itu terasa di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Jumlah pasien terus berkurang. Tingkat keterisian atau bed occupancy rate (BOR) di Wisma Atlet juga turun menjadi sekitar 30 persen. Padahal, pertengahan bulan lalu ada di angka 97 persen.

Pengelola RSD Wisma Atlet Jakarta mengatakan, sekitar 300 pasien sembuh tiap hari. Jumah pasien yang datang untuk mendapatkan perawatan, juga turun drastis. Bila sebelumnya, di atas 500 pasien per hari, kini tinggal 150-200 orang per hari.

Baca juga : Pancamain Bikin Anak Senang Dengan Pancasila

“Saat ini jumlah pasien yang dirawat di RS Wisma Atlet sebanyak 2.376,” kata kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I TNI, Kolonel Marinir Aris Mudian, di Jakarta, kemarin.

Capaian ini juga dibenarkan Luhut Pandjaitan, saat konferensi pers evaluasi PPKM Jawa-Bali periode 26 Juli hingga 2 Agustus 2021, Senin (2/8) kemarin. Dalam keterangan yang disampaikan secara virtual itu, Luhut terlihat begitu tenang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense