Dark/Light Mode

Jangan Ngobrol Saat Makan Di Warung

Senin, 2 Agustus 2021 07:00 WIB
Beberapa aturan makan bersama di tengah pandemi Covid-19. (Foto : KPCPEN#PakaiMaker).
Beberapa aturan makan bersama di tengah pandemi Covid-19. (Foto : KPCPEN#PakaiMaker).

RM.id  Rakyat Merdeka - KPCPEN#PakaiMaker mengunggah meme Kominfo berkaitan imbauan agar tidak ngobrol saat makan di warung.

Meme pertama, sejumlah orang makan di warung dan tampak mengobrol. Meme kedua, beberapa aturan makan bersama di tengah pandemi Covid-19. Di dalamnya dibumbui alur penularan Covid-19 saat makan bersama. Yaitu, saat makan bersama, melepas masker, lupa jaga jarak, makan sambil ngobrol, droplet bertebaran, bisa jadi ada yang positif Covid-19 tidak bergejala dan tidak tes, penularan Covid-19 terjadi.

Berita Terkait : Masyarakat Di Daerah Harus Dibujuk-bujuk Untuk Testing

“Makan bersama membawa potensi penularan Covid-19 lebih tinggi. Kita belum tahu pasti kondisi kesehatan teman makan kita saat itu, menambah risiko penyebaran Covid-19.” ujarnya.

Meme juga memuat tips aman saat makan bersama. Antara lain, tetap jaga jarak, tidak mengobrol dan jika ada makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makanan terpisah khusus untuk mengambil makanan.

Berita Terkait : Aktivitas Dan Kantor Di Jakarta Bersiap-siap Normal Kembali

“Mengobrolnya bisa dilanjutkan setelah selesai makan dan kita kembali mengenakan masker,” saran KPCPEN#PakaiMasker.

Netizen pun setuju, ngobrol saat makan di warung menjadi media penularan Covid-19 paling potensial. Untuk itu, netizen menyarankan agar makan di rumah atau jangan ngobrol saat makan di rumah makan atau warung. “Saya pernah terkena Covid-19 usai makan dan ngobrol sama teman saat di warung makan,” ungkap @sunflcws.

Berita Terkait : Wah, Kantor Pemerintah Banyak Yang Langgar Prokes?

Akun @Kimjuncottonizz senada. Kata dia, beberapa hari setelah mengobrol dengan pasien yang lagi makan di warung dan duduk dengan status positif Covid-19, dirinya langsung ikutan positif Covid juga. “Iya nih, beberapa teman sejawat saya terkena Covid-19 saat makan bersama,” saut Nursepreneur_id.

Akun @SantorinisSun mengingatkan, selama ini penyebaran virus Corona melalui droplet dan aerosol. Karena itu, kata dia, makan di tempat tertutup, apapun jenis tempatnya, tetap berisiko tinggi terpapar Covid-19. “Solusi paling mungkin, cuma makan sendiri-sendiri dan tidak ngobrol,” saran dia.
 Selanjutnya