BREAKING NEWS
 

Program Makmur Berikan Banyak Manfaat Ke Petani

Erick Senang Dan Bangga

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAZRY
Senin, 18 Oktober 2021 06:50 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN ) Erick Thohir (ketiga kiri) saat meluncurkan Program Makmur bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) di Desa Muara Putih, Lampung Selatan, Sabtu (16/10). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Makmur telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi para petani di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Menteri Ba­dan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meluncurkan Program Makmur bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) di Desa Muara Putih, Lampung Selatan, Sabtu (16/10).

Erick mengatakan, program yang memiliki kepanjangan Mari Kita Majukan Usaha Rakyat ini, dapat berjalan berkat kolaborasi BUMN.

Baca juga : Pinjol Ilegal Membuat Orang Miskin Dan Nganggur Melonjak

“Tidak mungkin pada saat seperti ini, kita berdiri sendiri-sendiri. Kita harus gotong royong, apalagi Covid ini benar-benar menekan tidak hanya kesehatan kita, tapi juga ekonomi. Lalu Covid ini juga membuat kesen­jangan sosial, karena itu harus diintervensi supaya ekonominya seimbang,” katanya.

“Saya berterima kasih swasta datang, BUMN datang, petani datang supaya kita sama-sama bergotong royong. Dan karena itu, kita berinisiasi dengan Program Makmur ini,” tambahnya.

Program Makmur merupakan ekosistem yang sangat berman­faat bagi para petani Tanah Air. Pasalnya, di dalam program tersebut sudah menghubung­kan petani dengan pihak project leader, asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, agro input, hingga jaminan ketersediaan pupuk non subsidi.

Baca juga : Mantap, Ganti Kendaraan Umum Kini Kian Nyaman

Dengan ekosistem tersebut, menurut Erick, petani yang tergabung dalam program Mak­mur mendapat pendampingan yang berdampak positif pada produktivitas dan penghasilan pertanian.

“Program Makmur ini kita BUMN fokus utama di 40.000 hektar, 28.000 petani. Kalau ini jalan, kita besarkan. Di sini Him­bara datang, BNI, BRI, Mandiri untuk pembiayaannya. Lalu PT Pupuk Indonesia melakukan pendampingan, bapak-bapak sama RNI membeli supaya se­mua ini menjadi ekosistem yang sehat,” kata Erick.

Sementara, Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh, mengatakan bahwa di bawah koordinasi Pupuk Indonesia, program Makmur memberikan manfaat nyata bagi para petani.

Adsense

Baca juga : Djarum Foundation Berikan Bantuan 25 Unit Oksigen Ke Pemkab Demak

Menurut dia, sudah banyak petani yang mengalami peningkatan produktivitas dan penghasilan pertanian sejak bergabung pada program yang diluncurkan Agustus 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense