BREAKING NEWS
 

Waspadai 3 Varian Baru Covid-19

Pembatasan Dan Pengawasan Penting, Jangan Kecolongan

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Selasa, 16 November 2021 06:25 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: sehatnegeriku.kemkes.go.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Virus asal Wuhan, China, itu terus bermutasi. Saat ini, ada tiga jenis varian virus Corona yang bermutasi sangat berbahaya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, pemerintah sedang memonitor varian baru Lamda, Mu dan C.1.2. Kini, ketiga varian tersebut menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Ketiga varian itu disebut memiliki mutasi berbahaya.

“Kita kontrol, jangan sampai varian baru ini masuk ke Indonesia. Kita perkuat perbatasan-perbatasan,” ujar Budi.

Budi memberi contoh kenaikan kasus di Inggris karena adanya varian Delta yang bermutasi. Budi berharap, 3 varian baru virus Corona tersebut tidak masuk ke Indonesia.

Baca juga : Menkes: Banyak Orang Indonesia PP Ke Malaysia, Penjagaan Harus Diperketat

“Kita lihat Delta juga sudah bermutasi dari Delta yang namanya kemarin disebut Pak Luhut, Delta Plus, itu juga cukup mengkhawatirkan,” ucapnya.

Meski begitu, Budi memastikan, pemerintah tidak hanya mewaspadai varian baru itu saja. Mutasi varian virus Corona sebelumnya juga menjadi perhatian pemerintah.

“Sampai sekarang varian kuat adalah Delta. Kita beruntung sudah lampaui varian Delta sehingga imunitas rakyat Indonesia sudah ada,” katanya.

Budi mengimbau masyarakat tidak abai dengan protokol kesehatan (prokes), meski angka kasus Corona sudah melandai.

Baca juga : Kabar Baik Dari Ganjar, Wirausaha Muda Dapat Modal Dan Pendampingan Lewat HFS

Dia tidak bisa memprediksi kapan pandemi selesai. “Virus ini banyak yang kita belum tahu, tadinya kita pikir dengan vaksinasi bisa selesai,” ujarnya.

Budi menambahkan, selain mutasi virus Corona, lonjakan kasus Covid-19 juga dipicu kenaikan mobilitas masyarakat.

Netizen mengungkap berbagai cara untuk mencegah penyebaran varian baru virus Corona. Mulai dari memperkuat perbatasan, mempercepat vaksinasi, disiplin prokes hingga membatasi mobilitas.

Menurut @AlbertSolo2, varian baru virus Corona yang harus diwaspadai adalah Delta plus dengan kode AY.4.2. Di Inggris, kata dia, kasus harian Covid-19 kembali mengalami peningkatan karena varian Delta plus.

Adsense

Baca juga : Lestari Moerdijat: Tangani Stunting Harus Keroyokan

Akun @MinakMegaow meminta pemerintah memperkuat perbatasan-perbatasan di Indonesia. Dikontrol agar varian baru Covid-19 tidak masuk Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense