BREAKING NEWS
 

Apresiasi Kebijakan Erick Thohir

Komisi VI DPR Dorong BUMN Terus Berpihak Ke Ekonomi Rakyat

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 9 Oktober 2022 18:22 WIB
Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengapresiasi nilai belanja seluruh BUMN terhadap produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencapai Rp 24,5 triliun.

Pembelian produk UMKM oleh BUMN sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo alis Jokowi yang meminta agar kementerian dan lembaga membeli produk dalam negeri. Karena hal ini dinilai penting untuk membantu menjaga ekonomi nasional.

“Memang sudah sepatutnya BUMN juga memberikan kesempatan, memberikan peluang bagi tumbuh kembangnya UMKM. Rp 24,5 triliun angka yang sangat besar dan juga membantu perkembangan UMKM Indonesia,” kata Intan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/10).

Baca juga : Urbanisasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Intan juga menyoroti kegiatan Pasar Digital (PaDi) UMKM Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN di Sarinah-Thamrin.

Di mana dalam pelaksanaannya, PaDi UMKM Expo yang menghadirkan produk-produk usaha lokal dari berbagai daerah, melibatkan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Jadi bukan hanya mengejar keuntungan semata dalam menjalankan bisnisnya, dengan begitu masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya melalui pendampingan usaha masyarakat," ujarnya.

Baca juga : Efek Bersih-Bersih Ala Erick Thohir, Laba BUMN Meroket 832 Persen

Menurutnya, kementerian/lembaga dalam kondisi sekarang, setelah dihantam badai pandemi Covid-19 dalam 2,5 tahun terakhir, harus bersama-sama mengambil peran melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Adsense

Sehingga, bisa mendorong bagi pemulihan ekonomi. Kementerian BUMN yang menjadi mitra kerja Komisi VI DPR, dari catatan Intan Fauzi sudah berupaya mendorong pemulihan ekonomi melalui beberapa perusahaan plat merah. Seperti Expo di Sarinah yang digelar sejak 28 September hingga 2 Oktober 2022.

Salah satunya, melibatkan PT PLN. Ditekankan pula bahwa pendampingan UMKM harus dilaksanakan secara menyeluruh. Dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dalam pengembangan usaha masyarakat. Sehingga dalam prosesnya, usaha masyarakat menjadi lebih terarah dan tentu saja menguntungkan.

Baca juga : Top, Anindya Bakrie Dan Erick Thohir Kini Pegang 51 Persen Saham Oxford United

"Kami, di Komisi VI terus mendorong Kementerian BUMN memberikan porsi lebih, memberikan keberpihakan pada sektor UMKM. Karena apa? Keberpihakan pada usaha masyarakat ini adalah bagian terpenting dalam membangun ekonomi kerakyatan," tegas Intan yang juga Anggota DPR RI dari Dapil Jabar VI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense