BREAKING NEWS
 

Puan Minta Forkopimda Sulut Gencar Ajak Warga Ikut Vaksinasi

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Senin, 7 Juni 2021 21:15 WIB
Ketua DPR Puan Maharani di depan Forkopimda dan Kepala Daerah seluruh Sulawesi Utara, di Manado, Senin (7/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seluruh Sulawesi Utara (Sulut) menjaga iklim kondusif di daerahnya. Selain itu, Puan juga meminta Forkopimda turut membangun optimisme masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

"Forkopimda sebagai forum komunikasi pimpinan di daerah memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptakan iklim yang tenteram di tengah masyarakat. Untuk itu, harus dibangun optimisme dalam menghadapi situasi pandemi dan perkuat gotong royong dalam membangun Sulawesi Utara," kata Puan kepada Forkopimda dan Kepala Daerah seluruh Sulawesi Utara, di Manado, Senin (7/6).  

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengatakan, Forkopimda harus terus memperkuat kerja bersama yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Baca juga : Sudah Dilantik Jadi ASN, Kerja Pegawai KPK Harus Lebih Joss

Forkopimda juga diingatkan untuk terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksin dan menjalankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.  

Adsense

Puan menuturkan, Provinsi Sulawesi Utara merupakan provinsi nomor lima terbaik pertumbuhan ekonominya, setelah Papua, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun ekonomi Papua, Malut, dan Sulteng ditopang oleh pertambangannya, Yogyakarta ditopang oleh konsumsi dari kegiatan mahasiswa dan pelajar. Sementara Sulut, ditopang oleh hasil kebun, pertanian, dan hasil laut.  

Sulut juga mendapat anggaran dari pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan tahun 2021 senilai Rp 10,8 triliun melalui program kementerian dan lembaga, serta Rp 13,4 triliun melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Baca juga : Senayan Minta Menteri Teten Perbanyak Pelatihan UMKM

"Sulawesi Utara memiliki berbagai potensi perekonomian untuk dikembangkan, kemaritiman, pertanian, perkebunan, dan potensi pariwisata," ujar Puan.  

Menurut alumni Fisip Universitas Indonesia (UI) tersebut, salah satu hal penting untuk mempercepat pemulihan sosial dan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19 adalah terus memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan dan memperluas penerima vaksin untuk mencapai kekebalan komunal.  

Berdasarkan informasi yang diterima Puan, vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Utara baru mencapai 13 persen dari target penduduk yang harus divaksin.

Baca juga : Haji Batal Berangkat, Puan Ngarep Kuota Indonesia Selanjutnya Ditambah

"Dengan capaian vaksin yang tinggi, yaitu apabila dapat segera mencapai 80 persen, maka dapat berdampak positif bagi pemulihan sosial dan ekonomi di Sulawesi Utara," tandas politisi PDI Perjuangan tersebut. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense