BREAKING NEWS
 

Gobel: Pabrik Traktor Di Belarus Keren, Lebih Bagus Lagi Kalau Mau Tanam Modal Di Indonesia

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 23 Oktober 2021 11:03 WIB
Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel (kanan) saat menjajal dump truck berkapasitas 450 ton di Minsk, Belarusia, Jumat (22/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagus dan sangat kompetitif. Kesan ini didapatkan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, saat mengunjungi pabrik traktor di Minsk, Belarus, Jumat (22/10).

“Kualitasnya bagus dan harganya sangat kompetitif. Ini bagus untuk pertanian kita di Tanah Air,” kata Gobel, Jumat (22/10).

Gobel memimpin delegasi DPR dalam kunjungan ke Belarus. Anggota delegasi yang lainnya adalah Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto, Anggota Komisi X Ratih Megasari Singkarru, dan anggota Komisi XI Heri Gunawan.

Dubes Indonesia untuk Rusia dan Belarus Jose Tavarez, juga ikut mendampingi kunjungan tersebut.

Baca juga : Paris Hilton Gelar Pesta Lajang Ala Alice In Wonderland

Selain itu, ikut pula pejabat eselon satu dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan.

Pada kunjungan hari kedua ini, selain ke pabrik traktor untuk pertanian, kontruksi, dan kehutanan, Gobel juga mengunjungi pabrik dump truck untuk pertambangan serta bertemu Menteri Pertanian dan Pangan Ivan Krupko.

Belarus Tractor telah berusia 75 tahun. Pabrik traktor ini memproduksi 27 jenis traktor. Mulai dari yang berkekuatan 9 PK (tenaga kuda), hingga yang berkekuatan 359 PK.

Pabrik ini mampu memproduksi satu traktor dalam setiap lima menit. Dalam satu tahun bisa memproduksi 4 ribu traktor.

Baca juga : Gelar Klinik Desain Di Aceh, Kemendag Pede Percepat UKM Masuk Pasar Global

Produk mereka diekspor ke 110 negara di dunia, dengan pendapatan sekitar 5 miliar dolar AS per tahun. Sekitar 60 persen produksinya, diekspor.

Belarus Tractor berminat mencari mitra bisnis di Indonesia, agar dapat dipasarkan ke Indonesia. Saat ini, mereka sedang mengurus sertifikasinya, agar bisa masuk pasar Indonesia dan juga bisa masuk ke dalam e-katalog.

Mereka mengaku sedang mengikuti proses pengadaan traktor di Indonesia.

Gobel mengatakan, traktor produksi Belarus memiliki kualitas yang bagus. Dengan harga yang sangat kompetitif. Sehingga, bisa masuk ke pasar Indonesia.

Baca juga : PB PASI Berencana Bangun Pusat Pelatihan Atletik Di Indonesia Timur

Namun, Gobel berpendapat, sebaiknya perusahaan traktor Belarus memproduksi traktornya di Indonesia.

"Harganya bisa lebih murah lagi, karena mengikuti ketentuan tentang besaran kandungan lokal. Ini juga akan menumbuhkan industri komponen di dalam negeri, serta menyerap tenaga kerja di Indonesia. Jadi, ini bisa menjadi kerja sama yang saling menguntungkan. Apalagi, mereka berminat mencari mitra di Indonesia,” terang Gobel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense