BREAKING NEWS
 

Kalau Jokowi Ke Ganjar, Mega Ke Puan

Banteng Vs Banteng, Yang Rugi Banteng

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 23 Mei 2022 07:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kasih isyarat agak condong ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk meneruskan estafeta kepemimpinannya. Sedangkan Megawati Soekarnoputri, banyak yang memprediksi, akan mengajukan Puan Maharani, putrinya yang juga Ketua DPR. Kalau sampai Banteng beradu dengan Banteng, maka di 2024 nanti, yang akan rugi ya Banteng.

Condongnya Jokowi ke Ganjar tersirat saat membuka Rakernas Projo, di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5). Dalam pembukaan Rakernas ini, Ganjar juga hadir.

Dalam pidatonya, Jokowi menginstruksikan para relawan agar bersabar dan tidak buru-buru mengarahkan dukungan kepada capres di 2024. "Jangan tergesa-gesa, walau mungkin orangnya (yang akan didukung itu) ada di sini," kata Jokowi.

Baca juga : Ganjar Dibuang Banteng Jateng

Pernyataan Jokowi itu memang tidak gamblang. Cenderung bersayap. Meski begitu, para relawan menangkap omongan Jokowi itu sebagai isyarat dukungan kepada Ganjar.

Ketum Relawan Jokowi (Rejo) Darmizal MS menangkap ada dua kata kunci dalam pidato Jokowi di Rakernas Projo itu. Pertama, sabar jangan terburu-buru. Kedua, capres yang akan didukung itu adalah Ganjar. Soalnya, dari berbagai lembaga survei, Ganjar adalah capres yang memiliki elektabilitas tertinggi.

"Sikap Jokowi itu menunjukkan loyalitasnya kepada PDIP. Karena mendukung kader PDIP yang loyal," kata Darmizal, kemarin. Menurut dia, arahan Jokowi kepada relawan Projo juga ditujukan kepada relawan yang lain.

Baca juga : Pelabuhan, Gerbang Terakhir Cegah Pengapalan Batu Bara Ilegal Di Kalsel

Mantan Ketua Jokowi Mania yang kini menjadi Ketua Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer, menyampaikan hal serupa. Kata dia, pernyataan paling penting dalam pidato itu adalah isyarat dukungan kepada Ganjar. Ia mengaku senang karena ia salah satu relawan Jokowi yang kini mendukung Ganjar.

Adsense

Mendapat arahan itu, pria yang akrab disapa Noel ini semakin semangat mendukung Ganjar. Meski, bisa saja arahan mendukung Ganjar itu berubah. Tergantung arahan Jokowi.

"Arahan Presiden di 2024 sepertinya ke Ganjar, dalam tanda kutip. Walaupun nanti, seandainya ke Mbak Puan pilihannya, seluruh relawan Jokowi akan memilih Mbak Puan," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense