BREAKING NEWS
 

Jokowi Tolak Politik Identitas, PKB Setuju

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 16 Agustus 2022 17:05 WIB
Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut positif imbauan Presiden Jokowi, agar Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024: Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) berlangsung damai. Tanpa ada politik identitas, politisasi agama, atau polarisasi sosial.

Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid, di sela Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8)

Gus Jazil bilang, imbauan Presiden tersebut sangat penting disampaikan. Mengingat Pemilu 2019 dan juga Pilkada DKI Jakarta 2017,  telah menciptakan polarisasi dan pembelahan yang cukup serius di tengah masyarakat.

Baca juga : Etik Politik Identitas Dalam Al-Quran

”PKB sangat mengapresiasi pidato politik kenegaraan Presiden Jokowi, dalam sidang tahunan MPR. Beliau mengimbau kita semua, agar dalam Pemilu mendatang, tidak menggunakan politik identitas, politisasi agama, dan polarisasi sosial,” ujar Gus Jazil.

Adsense

Wakil Ketua MPR ini pun menyerukan DPR, MPR, partai politik, tokoh masyarakat, dan masyarakat luas untuk bisa bersama-sama mengajak dan merealisasikan harapan Presiden, untuk menciptakan politik yang damai dan riang gembira.

”Kita ingin Pemilu yang damai. Pemilu yang riang gembira. Apa yang disampaikan Presiden,  memberikan kepastian bahwa Pemilu 2024 akan digelar dengan damai. Tanpa polarisasi, politik identitas, dan politisasi agama,” kata Gus Jazil.

Baca juga : Al-Qur`an Dan Politik Identitas

Sebelumnya, dalam pidato Sidang Tahunan MPR serta Sidang DPR dan DPD dalam rangka HUT RI ke-77 pada hari ini, Jokowi meminta masyarakat dan semua pihak, untuk mendukung tahapan Pemilu yang tengah dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi juga meminta, agar tidak ada lagi politik identitas.

”Pemilu yang sedang dipersiapkan oleh KPU, harus kita dukung sepenuhnya. Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial. Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat,” tegas Jokowi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense