BREAKING NEWS
 

Dana Bencana Cianjur Diduga Digelapkan Untuk Terorisme

Partai Garuda: Jangan Beri Ruang, Tangkap dan Proses Hukum!

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Senin, 20 Februari 2023 11:33 WIB
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong temuan dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dugaan penggelapan dana yayasan korban gempa Cianjur untuk kegiatan terorisme, ditindaklanjuti. Partai Garuda sepakat dengan arahan Wapres Ma'ruf tersebut.

"Penggalangan dana ilegal seperti bencana Cianjur itu mencapai triliunan, selain untuk memperkaya diri sendiri, dana itu juga untuk membiayai terorisme," ujar Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi, Senin (20/2).

Menurutnya, hal seperti ini sebenarnya sudah menjadi perhatian banyak pihak. Ketika ada musibah, orang akan berbondong-bondong memanfaatkan, baik di jalan raya atau mendatangi rumah atau kantor, meminta sumbangan mengatasnamakan musibah. "Tidak jelas pendataannya," bebernya.

Baca juga : Partai Garuda: Malah Rugikan PRT

Teddy pun menyarankan agar nantinya hanya lembaga atau rekening resmi yang ditunjuk pemerintah yang bisa menampung sumbangan.

"Jika ada di luar itu, dapat dipastikan ilegal, langsung ditangkap dan diproses secara hukum. Jangan sampai larangan hanya sekadar larangan," tegas pria yang juga menjabat Juru Bicara Partai Garuda ini.

Adsense

Diingatkan Teddy, cara-cara meminta sumbangan seperti itu, memanfaatkan kepedulian masyarakat, adalah cara mudah bagi para teroris untuk mengeruk dana.

Baca juga : Partai Garuda: Sudah Jadi UU, IKN Tetap Harus Jalan!

"Maka jangan beri ruang, segera eksekusi ketika ada pihak yang meminta bantuan atas nama musibah. Sudah dapat dipastikan itu bukan untuk yang terkena musibah," tandas Teddy.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin meminta aparat penegak hukum melakukan pengawasan dan penindakan terkait hal tersebut.

"Sekarang pertama tentu pencegahannya. Jangan sampai ke depan terjadi," kata Maruf Amin, saat menjawab pertanyaan wartawan di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Minggu (19/2).

Baca juga : PDI Perjuangan Tangsel Siap Menangkan Pemilu

Dia menegaskan, penindakan akan dilakukan terhadap pelaku penyelewengan dana bantuan bencana.

"Kedua, itu dilakukan penegakan hukumnya, ditertibkan, yang sudah ini. Saya kira itu, nanti dari semua aparat keamanan akan mendeteksi supaya tidak terjadi lagi ke depan dan yang sudah kita adakan penindakan-penindakan," tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense