BREAKING NEWS
 

Puan Masih Mandek

PDIP Tak Patah Arang

Reporter & Editor :
APRIANTO
Kamis, 5 Agustus 2021 07:20 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai cara dilakukan PDIP untuk mendongkrak elektabilitas Puan Maharani. Namun, hasilnya, elektabilitas putri Megawati Soekarnoputri ini masih mandek. Meski begitu, PDIP tak patah arang alias menyerah.

Meski menduduki jabatan Ketua DPR, elektabilitas Puan masih saja kurang nendang. Di survei-survei pilpres, namanya selalu masuk kelompok buncit. Jauh di bawah rekan separtainya, Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah tersebut, justru selalu masuk tiga besar.

PDIP pun tak menyerah. Mereka terus mencari cara mendongkrak popularitas Puan. Mulai dari ikut blusukan Presiden Jokowi, sampai blusukan sendiri ke daerah-daerah. Bahkan, kader PDIP juga diperintahkan untuk memasang baliho-baliho bergambar Puan di daerahnya masing-masing.

Baca juga : Demokrat-PDIP Panas Lagi

Apakah berhasil strategi tersebut? Ternyata belum. Berdasarkan hasil survei calon presiden Indostrategic, cucu Bung Karno ini hanya bertengger di urutan ke-12 dengan elektabilitas 0,6 persen.

Di posisi tiga besar ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (17,5 persen), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (17 persen), dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (8,1 persen). Meski begitu, popularitas Puan lebih tinggi dibandingkan Muhaimin Iskandar yang hanya 0,5 persen dan Airlangga Hartarto 0,5 persen.

Survei ini dilakukan 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400, yang tersebar di 34 provinsi. Teknik yang digunakan metode multistage random.

Baca juga : Calon Paskibraka Gagal Diklat, BPIP Prihatin

Kenapa elektabilitas Puan tetap loyo? Direktur Eksekutif Indostrategic A Choirul Umam mengatakan, pemilih PDIP justru mendukung Gubernur Jawa Tengah. “Di PDI Perjuangan itu tertinggi adalah dukungan ke Ganjar Pranowo,” katanya, kemarin.

Menurut dia, dukungan pemilih PDIP kepada Puan hanya 3,07 persen. Temuan ini harus menjadi perhatian serius bagi PDIP. Sebab, kedua tokoh tersebut merupakan kader PDIP yang disebut sebagai calon potensial capres 2024.

Adsense

Bagaimana tanggapan PDIP? Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah mengatakan, pada saat Indostrategic melakukan survei, belum ada agenda sosialisasi Puan, maupun pemasangan baliho Puan di daerah-daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense