BREAKING NEWS
 

Konstelasi Politik Jelang Pilgub

Beringin Maluku Bakal Jadi Penantang Petahana

Reporter : EDY BURNAMA
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Selasa, 25 Januari 2022 07:00 WIB
Politisi senior Golkar, Hamzah Sangadji. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Said, jika isu itu benar, keduanya sulit dikalahkan di Pilgub. “Ini luar biasa, mereka sulit dikalahkan,” ujarnya.

Richard Louhenapessy, jelas Said, sangat dikenal dan sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Jika dan Murad Ismail dan Richard berpasangan, Said memprediksi, duet ini akan mendominasi Pilkada dan berpeluang memenangkan Pilgub 2024.

Baca juga : KSP: Pembangunan IKN Nggak Bakal Hambat Penanganan Covid

Richard yang juga politisi senior Golkar itu, diyakini Said, akan mendapatkan dukungan dari sejumlah kader Beringin, meski dalam Rakerda Golkar awal Oktober lalu, Richard tidak masuk enam bakal calon yang akan diusung.

Hal senada disampaikan pengamat politik lainnya dari Universitas Pattimura, Johan Tehuayo. Menurutnya, jika Murad Ismail maju lagi di Pilgub 2024, kekuatannya masih belum bisa ditandingi figur lainnya.

Baca juga : Omicron Menggila, PM Selandia Baru Jacinda Ardern Batalkan Pesta Pernikahan

Pasalnya, sebut Johan, Murad telah menunjukkan penyelesaian akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dengan semakin baik. Mantan Kapolda Maluku itu telah berhasil mendatangkan sejumlah program nasional ke daerahnya.

“Ini kekuatan Murad Ismail. Beliau telah tunjukkan keberhasilan selama kurun waktu dua tahun lebih. Beliau masih kuat,” jelasnya.

Baca juga : Makan-makan Di Senayan, PBB-PAN Bakal Gandengan Tangan

Selain itu, basis Murad Ismail masih solid. Lalu, faktor kekuatan figur dan partai politik menjadi kekuatan besar bagi petahana. Apalagi, PDIP masih menjadi parpol dominan di hampir semua kabupaten/kota di Maluku.

Dia mencontohkan, Pilkada Seram Bagian Timur (SBT) tahun lalu, meski Mukti diusung Golkar memenangkan Pilkada, tapi basis PDIP di daerah itu masih kuat. “Basis PDIP juga terlihat kuat di Kepulauan Aru dan daerah lainnya,” sebut dia. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense