BREAKING NEWS
 

Pilkada Kota Tangsel 3 Poros Besar

Bakal Tarung, Siapakah Yang Paling Kuat?

Reporter : SUSILO YEKTI
Editor : MUHAMAD FIKY
Sabtu, 15 Agustus 2020 07:18 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga kekuatan poros besar dipastikan akan bertarung di Pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel). 

Paslon petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga diusung Partai Golkar, paslon Muhammad-Rahayu Saraswati didukung PDIP dan Gerindra, terakhir paslon Siti Nur Azizah-Ruhamaben diusung Demokrat, PKS dan Hanura. Siapa yang paling kuat?

Diketahui, Golkar sejak awal sudah mencalonkan pasangan petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga untuk maju di Pilkada Tangsel. Benyamin diketahui sebagai petahana, Wakil Wali Kota Tangsel. 

Sedangkan Pilar Saga adalah politisi Golkar yang juga putra Bupati Serang, Ratu Tati Chasanah. 

Sementara, PDIP dan Gerindra sudah resmi merekomendasikan pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Muhammad adalah Sekda Tangsel. Sedangkan, Rahayu Saraswati adalah politisi Gerindra yang juga keponakan Prabowo Subianto. 

Sedangkan, poros terakhir adalah pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben. PKS sudah menyerahkan SK (Surat Keputusan) dukungan kepada putri Wapres Ma’ruf Amin itu, kemarin. 

Baca juga : Airlangga: Pilkada Tanpa Mahar Jalan Awal Golkar Menangi Pemilu

Berarti ada tiga parpol pengusung paslon Siti Nur Azizah-Ruhamaben yakni Demokrat, PKS dan Hanura. Dengan dukungan PKS ini, total kursi parpol pengusung 14 kursi. 

Sebenarnya, PKS sejak lama menjanjikan dukungan untuk pasangan Nur Azizah-Ruhamaben di Pilkada Tangsel 2020. Tapi, SK itu belum diserahkan. Penantian pasangan Nur AzizahRuhamaben berbuah manis. 

Kemarin, PKS secara resmi memberikan SK dukungan. Dukungan diserahkan secara langsung oleh Presiden PKS, Sohibul Iman di kantor DPP PKS, Jakarta. 

Penyerahan SK disaksikan langsung Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Penta Merta, Korwil PKS wilayah Banten Budi Prajogo dan pengurus PKS lainnya.  Budi Prajogo menjelaskan, Sohibul berpesan kepada paslon Nur Azizah-Ruhamaben untuk membawa Tangsel ke arah perubahan lebih baik lagi bila terpilih. 

Adsense

Sohibul juga berharap seluruh kader PKS bisa lebih solid lagi dalam memenangkan pasangan Nur Azizah-Ruhamaben agar bisa ke luar sebagai pemenangnya pada gelaran Pilkada Kota Tangsel tahun ini. 

“Sekaligus agar bisa menjadi percontohan bagi umat Islam dalam memimpin Kota Tangsel ke depan agar bisa dibawa kearah lebih baik lagi,” ujar Budi menirukan pidato Sohibul, kemarin. 

Baca juga : Pilkada OKU 2020, PPP Resmi Dukung Petahana

Atas rekomendasi PKS, lanjut Budi, paslon Nur Azizah-Ruhamaben resmi mengantongi SK dari tiga partai yakni Demokrat, Hanura dan PKS. 

Ketiganya memiliki 14 kursi. Jumlah 14 kursi ini sudah melampaui syarat minimal mengusung paslon. 

Hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang menyebutkan syarat parpol atau gabungan parpol mendaftarkan pasangan calon harus memenuhi perolehan paling sedikit 20 persen kursi di DPRD. 

“Jumlah seluruh kursi di DPRD Tangsel ada 50. Artinya, 20 persen dari jumlah itu adalah 10 kursi,” jelasnya. 

Menurutnya, ada kemungkinan jumlah partai koalisi pengusung Nur Azizah-Ruhamaben bertambah. Pasalnya, PKB dikabarkan akan memberikan rekomendasi kepada paslon ini. 

“Insya Allah dari PKB akan menyusul. Yang sedang intens saat ini juga dengan PSI,” bebernya. 

Baca juga : Tak Pengaruh Kotak Kosong, PDIP Siap Menangin Gibran

Terpisah, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, peta politik di Pilkada Tansgel mulai panas karena telah lahir tiga poros besar yakni paslon MuhammadRahayu Saraswati, Siti Nur Azizah-Ruhamaben dan paslon petahana Benyamin DavniePilar Saga. 

“Persaingan jadi relatif berimbang,” ujarnya. 

Adi menilai, petahana Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie tidak boleh lengah. Pasalnya, pendampingnya di Pilkada Tangsel belum mengakar kuat di masyarakat. 

“Kalau pun Tangsel ada dari dinasti itu kan pendatang baru, masyarakat Tangsel tak terlalu kenal sama Pilar Saga. Petahana semestinya bisa memaksimalkan momentum,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense