Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilkada Kota Makassar

Danny Pomanto Bakal Duel Lawan Dinasti Yasin Limpo

Kamis, 2 Juli 2020 07:06 WIB
Bakal calon Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Foto: Istimewa)
Bakal calon Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra memutuskan mengusung mantan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto alias Danny Pomanto di Pilkada Makassar. Danny dipasangkan dengan Hj Fatmawati Rusdi. Itu artinya, Danny Pomanto bakal tarung lawan jago Golkar dari dinasti Yasin Limpo yakni Irman Yasin Limpo alias None.

Kepastian pengusungan Danny Pomanto itu setelah DPP Gerindra mengeluarkan surat rekomendasi tertanggal 30 Juni 2020 yang diteken Ketua Umum Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani. “DPP Gerindra menyetujui dan merekomendasikan Mohammad Ramdhan Pomanto sebagai balon Wali Kota Makassar dan Hj Fatmawati Rusdi sebagai balon Wakil Wali Kota Makassar,” demikian bunyi rekomendasi DPP Gerindra yang ditujukan kepada DPC Gerindra Kota Makassar.

Selanjutnya, DPC Gerindra Kota Makassar diminta segera berkoordinasi dengan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar. Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief membenarkan rekomendasi dikeluarkan DPP Gerindra itu. “Gerindra sudah memutuskan  mendukung Danny Pomanto berpaketan dengan Fatmawati Rusdi dan dibuktikan dengan keluarnya rekomendasi,” ujarnya.

Baca juga : Harus Agresif di Hulu, Harus Agresif di Hilir

Menurutnya, surat rekomendasi dari DPP Gerindra akan ditindaklanjuti hingga ke daerah demi memenangkan calon usungan, khususnya di Kota Makassar. “Tentu ini akan ditindaklanjuti Gerindra Kota Makassar untuk memenangkan kandidat usungan. Pak DP (Danny Pomanto) sudah masuk bergabung dalam keluarga besar Gerindra,” ujarnya.

Ketua DPC Gerindra Makassar Erick Horas mengaku, alasan Gerindra memberi rekomendasi untuk maju Pilkada Kota Makassar karena Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi merupakan keluarga besar Gerindra. “Gerindra sangat menjunjung kekeluargaan. Sesuai arahan Ketua DPP, Ketua DPD,  kita siap memenangkan Danny-Fatma,” ujarnya.

Pasangan Danny-Fatma sudan memenuhi syarat mendaftar di KPUD nanti. Partai Nasdem yang telah lebih dulu mengusung pasangan itu memegang 6 kursi DPRD Kota Makassar dan Gerindra 5 kursi.

Baca juga : Israel Digempur Dunia

Partai Golkar pun sudah mengumumkan balon Wali Kota Makassar. Adalah Irman Yasin Limpo alias None. Adik kandung Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo ini didapuk calon  Wali Kota Makassar. Hanya saja,  None ditetapkan Golkar tanpa ada pasangannya.

Selain itu, Golkar mengumumkan11 cakada lainnya di Sulsel. Di Gowa, mengususng paslon Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio. Di Luwu Timur mendukung M Thoriq Husler-Budiman, di Soppeng mengusung Kaswadi Razak, di Luwu Utara mendukung Indah Putri IndriIndriani-Suaib Mansur.

Lalu, di Barru mendukung Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum, di Selayar Muhammad Basli Ali-Saiful Arif, dan Toraja Utara mendapuk Yohannes  Bassang-Frederik Dedy Palimbong, Maros Andi Tajerimin-Hafid Fasha, Bulukumba Andi Hamzah Pangki-Andi Murniaty Makking, di Pangkep mengusung Andi Ilham Zainuddin-Andi Rismayani Syamsuddin, Tana Toraja mendukung paslon Nicodemus Biringkanae -Victor Datuan Batara. 

Baca juga : Perlu Digigit Sampai Putus?

Pilkada Kota Makassar selalu menyuguhkan tontonan menarik. Pilkada Kota Makassar 2018 diulang. Dinyatakan tanpa pemenang. Pilkada Kota Makassar dua tahun lalu itu hanya diikuti satu pasang calon. Adalah paslon Andi Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi. Tapi, pasangan yang diusung koalisi 10 partai ini gagal meraih suara mayoritas pemilih. Mereka kalah lawan kota kosong. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.