BREAKING NEWS
 

Survei Pilkada Surabaya Cyrus Network

Unggul 21 Persen, Eri-Armuji Di Atas Angin

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : ADITYA NUGROHO
Senin, 30 November 2020 21:25 WIB
Pengambilan nomor urut Pilkada Surabaya. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Cyrus Network menunjukan keunggulan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada serentak 2020. Pasangan calon nomor urut satu itu unggul 21,5 persen dibanding penantangnya, Machfud Arifin-Mujiaman. 

Survei yang dilangsungkan pada 23-27 November itu mencatat elektabilitas Eri-Armuji sebanyak 55,3 persen. Sedangkan Machfud-Mujiaman hanya 33,8 persen. Untuk jumlah pemilih mengambang masih berkisar di angka 10,9 persen.

Chief of Consultan Cyrus Network, Hafizhul Mizan mengatakan, sulit bagi Machfud-Mujiaman mengejar ketertinggalannya dari Eri-Armuji. Apalagi hasil surveinya dikeluarkan dengan waktu tersisa kurang dari dua minggu.

Baca juga : PDIP Turunkan Eks Wali Kota Surabaya Demi Menangkan Eri-Armuji

“Pasangan nomor urut 1 terlihat dominan hampir di semua segmen demografis. Mulai dari gender, usia, agama, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, sampai ke Daerah Pemilihan DPRD," katanya, Senin (30/11).

Adsense

Untuk Paslon Machfud-Mujiaman hanya unggul dalam segmen pemilih Madura. Sebanyak 50 persen pemilih Madura lebih memilih paslon nomor urut dua itu. "Populasi pemilih Madura yang mendukung Eri-Armuji hanya 37 persen," bebernya. 

Dia menambahkan, akan terjadi persaingan ketat antarkedua paslon tersebut di dapil 3 Surabaya. Karena pasangan Eri-Armudji hanya unggul tipis, yakni 44,6 persen kontra 40 persen.

Baca juga : Survei Ipsos : ShopeePay Ungguli 48 Persen Persaingan E-Wallet

“Namun dalam survei dengan metodologi Multistage Random Sampling yang melibatkan 400 orang responden ini juga terlihat bahwa popularitas kedua paslon masih jauh dari angka ideal (lebih dari 90 persen)," paparnya.

Adapun rinciannya, popularitas Eri-Armudji hanya di angka 68,5 persen, atau baru sekitar 7 dari 10 orang pemilih. Sementara, popularitas Machfud-Mujiaman berada di angka 57,5 persen, artinya baru sekitar 6 dari 10 orang pemilih. 

Kurangnya popularitas ini masih harus menjadi pekerjaan rumah bagi masing-masing paslon. Mengingat hampir 91,3 persen warga sudah mengetahui Pilkada akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Dan 94,3 persen di antaranya mengaku akan ikut berpartisipasi meskipun dilangsungkan di tengah pandemi Virus Corona. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense