Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Juara Di Pilkada Surabaya, Banteng Latih 10.368 Saksi

Selasa, 20 Oktober 2020 06:04 WIB
Ilustrasi kader PDIP. (Istimewa)
Ilustrasi kader PDIP. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi memenangkan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2020, PDI Perjuangan melatih 10.368 saksi.

Puluhan ribu saksi ini nantinya bertugas mengawal suara pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Eri Cahyadi-Armuji di 5.184 Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh Kota Surabaya.

Pelatihan saksi ini dilakukan secara maraton di 154 kelurahan dari 18 hingga 26 Oktober 2020.

Menurut Ketua PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, seluruh saksi Eri-Armuji diharapkan mempunyai daya juang tinggi, sebagai garda terdepan untuk memenangkan Pilkada Kota Surabaya 9 Desember nanti.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di Jakarta ? Yuk, Datang Saja Ke 5 Lokasi Ini

Dengan daya juang dan militansi tinggi, ujarnya, seluruh saksi tentu akan bertugas dalam melipatgandakan suara dukungan rakyat bagi paslon Eri-Armuji.

“Mereka harus terampil bertugas kampanye dari rumah ke rumah, dengan militansi tinggi. Mengajak masyarakat datang ke TPS, dan memilih pasangan nomor 1 Eri-Armuji,” ingat Adi, di Surabaya, kemarin.

Dijelaskan, pelatihan saksi sudah harus selesai akhir Oktober 2020. Kemudaian, para saksi bertugas satu bulan penuh untuk menjaring pemilih dari rumah ke rumah.

Artinya para saksi juga harus menguasai medan wilayah tempat dia bertugas.

Baca juga : Rem Darurat Dilepas, Jakarta Balik Lagi Ke PSBB Transisi

“Mereka yang menjadi saksi wajib punya kesetiaan tinggi kepada cita-cita bersama, untuk menyejahterakan masyarakat dan memastikan Surabaya tidak kembali mundur,” tegasnya.

Semua saksi juga, ujar Adi lagi, harus memahami seluruh regulasi pencoblosan dan penghitungan suara di TPS.

“Mereka harus memastikan, pemberian suara dan rekapitulasi suara, berjalan baik dan benar, jujur dan adil di semua TPS. Jangan sampai ada kecurangan di TPS,” jelasnya.

Seluruh saksi Eri-Armuji, lanjut Adi, harus memahami proses di TPS adalah ujung dari perjuangan panjang untuk memenangkan Pilkada Surabaya.

Baca juga : Selamat, Prodi Pendidikan Kimia UIN Bandung Raih Akreditasi A

“Seluruh saksi harus benar-benar dalam kondisi siaga dan waspada. Mereka menjadi mata dan telinga paslon Eri CahyadiArmuji,” bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.