BREAKING NEWS
 

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Musim Covid Tak Surutkan Sosialisasi Empat Pilar

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 5 Februari 2021 06:23 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selama ini, Anda kan aktif di banyak organisasi. Komunitas otomotif, misalnya. Apakah itu menjadi salah satu media yang cukup ampuh juga dalam upaya Sosialisasi Empat Pilar?

MPR sengaja melakukan Sosialisasi Empat Pilar ke berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan atas, menengah, hingga bawah. Salah satunya, melalui komunitas dan organisasi kemasyarakatan. Seperti komunitas pecinta mobil, komunitas motor, hingga komunitas sepeda.

Walaupun termasuk kalangan menengah atas, mereka juga termasuk bagian dari rakyat Indonesia, yang perlu mendapatkan sentuhan Empat Pilar MPR. Alhamdulillah responsnya sangat positif.

Pancasila sebagai dasar negara, harus tertanam dengan baik di hati masyarakat. Agar dapat mewujud dalam keseharian. Apa strategi dan terobosan MPR dalam hal ini?

Baca juga : Prof Mahfud Tidak Suka Diseret-seret

Strategi terbaik adalah dengan memberikan teladan. Seluruh anggota MPR harus menjadi teladan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya, dengan tidak menggunakan politik identitas demi kepentingan politik.

Adsense

Selain itu, MPR juga mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukkan kembali materi pembelajaran Pancasila, sebagai materi wajib yang diajarkan. Mlai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi.

Di era disrupsi ini, penyebaran hoaks begitu marak. Bahaya, kalau tidak dibendung. Masyarakat kita harus cerdas menyikapi hal ini. Apa langkah MPR untuk turut mengatasinya?

Kami selalu mengajak masyarakat agar mencari berita dari sumber yang kredibel. Misalnya, dari media-media yang sudah terverifikasi Dewan Pers.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Langkah HDCI Sosialisasikan Empat Pilar MPR

Kami juga selalu mengingatkan masyarakat, untuk tak mudah terpancing isu apa pun. Setiap mendapatkan berita, harus dicek dulu kebenarannya. Apalagi, kalau sumbernya dari akun media sosial yang tak jelas profilnya.

Tempo hari, Anda punya gagasan dalam membentuk Majelis Syuro Parlemen Sedunia? Itu bagaimana perkembangannya?

Dalam kunjungan kerja ke Arab Saudi dan Maroko pada akhir Desember 2019, Raja Arab Saudi King Salman bin Abdulaziz al-Saud, serta Ketua Parlemen Arab Saudi, Abdullah Bin Muhammad Al Ash-Sheikh menyatakan dukungan terhadap gagasan MPR, untuk membentuk Majelis Syuro Parlemen se-Dunia.

Begitu pun saat bertemu Ketua Parlemen Maroko, Hakim Benchamach. Beliau juga menyatakan dukungannya.

Baca juga : Pengorbanan Nakes Sia-sia Jika Kita Masih Abai Prokes

Respons dari berbagai negara berpenduduk muslim dunia lainnya juga cukup baik. Penjajakan dengan berbagai negara berpenduduk muslim terus dilakukan. Meski sempat terhambat, karena pandemi Covid-19 tak memungkinkan MPR RI bertemu secara langsung dengan pimpinan MPR dari berbagai negara muslim dunia lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense