BREAKING NEWS
 

Perang Survei

Reporter & Editor :
BUDI RAHMAN HAKIM
Jumat, 23 September 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Secara lebih rinci, survei sejatinya memberi informasi progress meningkat tidaknya tiga aspek: popularitas, kesukaan, dan keterpilihan calon. Informasi itu sekaligus jadi alat ukur kerja tidaknya, efektif tidaknya kinerja, dan atau tepat tidaknya sasaran program kampanye yang dijalankan. Jadi, sesungguhnya survei lebih punya manfaat ke dalam diri para kontestan dan bukan ke ranah konsumsi publik.

Baca juga : Rekening Gendut Kepala Daerah

Sekarang, yang terjadi adalah survei dan ragam lembaga penyelenggaranya telah menjadi makhluk politik ciptaan para kontestan. Semua lembaga dan hasil surveinya ditengarai telah menjadi bagian dari tim pemenangan kubu tertentu. Tidak mudah lagi mendeteksi independensi dan integritas survei dan lembaga penyelenggaranya. Semua seperti mempertaruhkan integritas diri dan lembaganya.

Baca juga : Cukup Elite Yang Perang

Menyaksikan ini semua, rakyat sejatinya telah dan harus lebih cerdas memilih. Lakukanlah fact check secara kritis di tengah derasnya arus informasi di seluruh jejaring media massa maupun media sosial. Terhadap hasil survei yang tersebar pun, kita harus kritis. Karen ternyata survei pun tidak steril dari hoaks. Paling kurang, tanyalah hati kecil sebelum akhirnya menjatuhkan dukungan. Semoga Tuhan terus memberkati, membimbing bangsa ini ke arah yang benar. Aamiin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense