BREAKING NEWS
 

Berkah Covid di 2024

Reporter & Editor :
BUDI RAHMAN HAKIM
Senin, 8 Juni 2020 03:33 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Krisis akibat Pandemi tak selamanya buruk, tak slalu dirasakan kepahitan, tidak serta merta bermakna ujian berat. Krisis karena Covid-19 bagi sementara tokoh-tokoh politik yang sedang mengampu tugas pemerintahan bisa menjadi berkah. Berkah di mata publik secara politik, tentu.

Cara para pemimpin saat ini menangani Covid-19 ternyata dinilai oleh rakyat. Bahkan, menjadi salah satu parameter kecakapan dalam leadership. Karena kecakapan itu pula, berkahnya, mereka digadang bisa terus melanjutkan kepemimpinan baik di skala yang sama bahkan lebih tinggi lagi.

Baca juga : Menyunat Bansos

Ada beberapa nama, merujuk pada rilis survei terbaru yang dilakukan oleh institusi exit-poll ternama tanah air, Indikator. Yakni, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Keduanya dinilai cakap mengurusi tanggap darurat Covid. Gubernur Jakarta Anies Baswedan juga lumayan mendapat perhatian publik.

Adsense

Ada nama-nama lain di luar pemerintahan yang juga ikut sibuk mengurusi pandemi seperti Sandiaga Uno. Juga ada nama-nama pimpinan partai politik yang mencoba mendapat insentif popularitas di tengah wabah global ini. Buah dari peduli dan keterlibatannya dalam menangani pandemi sedikit berkontribusi pada partainya.

Baca juga : The New Abnormal

Kemampuan manajerial dan leadership para elite kita di pusat krisis pada akhirnya berpengaruh pada elektoral mereka. Dimulai dengan meningkatnya level kedikenalan (popularity), merangkak ke level kesukaan (likeability), seterusnya menyumbang pada level keterpilihan (electability).

Tiga faktor itulah pusat perjuangan para elit kita agar nasib politiknya membaik. Berbagai cara dan instrumen dilakukan untuk mengerek kedikenalan. Berharap, ini berbanding lurus dengan kesukaan bahkan keterpilihan. Faktanya memang kedikenalan tak slalu berbanding lurus dengan kesukaan dan keterpilihan.

Baca juga : Protokol New Normal

Masih ada waktu bagi para pemimpin politik untuk tampil dengan segala totalitas dan ketulusannya membantu masyarakat kita yang tengah didera kesulitan akibat pandemi. Investasi amal kebaikan dari sekarang, jangan nunggu nanti dekat-dekat Pilkada, Pileg atau Pilpres. Investasi untuk mendapat return berkah pada 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense