Dark/Light Mode

Bonus Demografi Melimpah

Tahun 2030, Indonesia Diproyeksikan Jadi Negara Maju

Rabu, 24 Juli 2019 20:45 WIB
Ilustrasi. Istimewa
Ilustrasi. Istimewa

 Sebelumnya 
Menurutnya, sistem zonasi sekolah juga beberapa tahun belakangan mendapat penolakan keras dari masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya sinkronisasi yang kurang baik antara pemerintah pusat dan daerah, serta permasalahan persebaran sekolah terutama di daerah-daerah terpencil yang menyebabkan zonasi tidak berjalan baik. Ini menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah.

Selain itu kata dia, kualitas guru yang masih di bawah rata-rata masih menjadi salah satu isu utama lain yang kerap kali dibahas dari tahun ke tahun.

Baca juga : Tradisi Oposisi di Indonesia Lemah, Parpol Tak Berminat

Ketidakhadiran guru terutama di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil, metode pengajaran yang sulit dicerna, serta kurangnya kompetensi guru dalam mengajar mata pengajaran tertentu, menjadi beberapa contoh permasalahan guru di Indonesia.

"Tanpa kualitas guru yang baik, harapan untuk mencetak anak bangsa yang berkualitas akan sulit tercapai,” urai Nadia.

Baca juga : Begini Cara Pemerintah Bikin Harga Gas Indonesia Bisa Bersaing Di Asia Tenggara

Oleh karena itu, Hari Anak Nasional 2019 sekiranya dapat menjadi momen refleksi bagi pemerintah dan masyarakat akan arti pentingnya pendidikan berkualitas untuk anak-anak Indonesia. 

Indonesia merupakan negara yang diprediksi akan menjadi negara maju pada Tahun 2030 dengan adanya bonus demografi yang melimpah.

Baca juga : Dubes Prancis Doakan Pelajar Indonesia Lancar Menuntut Ilmu

Memetik keuntungan dari bonus demografi akan sulit untuk diwujudkan tanpa adanya komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.