Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Prancis Doakan Pelajar Indonesia Lancar Menuntut Ilmu

Kamis, 11 Juli 2019 09:52 WIB
Duta Besar Prancis Untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet. (Foto : Istimewa).
Duta Besar Prancis Untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - 200 pelajar Indonesia mengikuti seminar persiapan jelang keberangkatan mereka melanjutkan pendidikan tinggi ke Prancis. Berlokasi di Soehana Hall, SCBD, Jakarta, Selasa (9/7), mereka kesempatan bertanya dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin seputar pengurusan visa, metodologi pembelajaran di universitas, tempat tinggal, perusahaan dan prosedur-prosedur administratif.

Lima alumnus universitas Prancis pun hadir. Mereka menjawab segala pertanyaan calon mahasiswa baru dan memberikan masukan agar pengalaman belajar calon mahasiswa ini lancar.

“Jangan pernah malu bertanya dan menggunakan bahasa lokal. Percaya diri itu penting. Dan yang terpenting, jangan segan ikuti kelompok belajar jika ada bidang studi yang kurang dipahami,” saran Raden Rifki Fauzi, alumni Universitas Rennes kepada calon mahasiswa.

Berita Terkait : Menteri Malaysia yang Diduga Perkosa TKW Indonesia Ditahan Polisi

Selain Raden Rifki, ada juga Agung Kurniawan (alumni Universitas Toulouse), Maya Puspita dan Indah Tridiyanti (penerima beasiswa Dikti) serta Alif Rizki Bastoni (alumni INP Grenoble).

Para calon mahasiswa ini akan melanjutkan pendidikan di berbagai jenjang yakni di tingkat sarjana (S1), master (S2), doktoral (S3) dengan berbagai studi yaitu, sastra, bahasa Prancis sebagai bahasa asing, ilmu politik, fisika-kimia, sosiologi, ekonomi, komunikasi, matematika, arsitektur, pariwisata, perhotelan dan restorasi, gastronomi, mode dan desain.

“Saya harap seminar keberangkatan ini menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. Saya berharap Anda akan mendapatkan pengalaman yang indah di Prancis, dengan bakat dan ambisi Anda,” ujar Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet dalam sambutan di Seminar Persiapan Keberangkatan Studi di PPranci, Selasa (9/7).

Berita Terkait : Wastra Indonesia Meriahkan Pekan Mode Roma

“Semoga studi anda lancar. Di sana anda adalah duta Indonesia dan sekembalinya dari Prancis, anda duta kami. Kalian adalah jembatan penghubung Prancis dan Indonesia,” sambung Dubes Berthonnet.

Dia pun mengajak para mahasiswa Indonesia untuk tidak hanya belajar tapi juga dapat mengeksplorasi keberagaman di Prancis seperti budaya dan warisan, gastronomi, dan daerah-daerah serta penduduknya.

Sementara Atase Bidang Pendidikan Kedubes Prancis Antoine Devoucoux Du Buysson menyebut daya tarik Prancis sebagai destinasi studi pelajar Indonesia didasarkan pada beberapa keunggulan.

Berita Terkait : Dubes Rusia Hiburan Akhir Pekan, Nonton Balerina Indonesia-Australia

Secara kultur akademis, Prancis memiliki keunggulan di berbagai bidang studi seperti ilmu politik, hukum, ekonomi dan teknik dengan penerima penghargaan Nobel terbanyak di dunia. Secara geografis Prancis terletak di pusat benua Eropa sehingga memfasilitasi mobilitas pelajar baik untuk studi atau traveling,” ujarnya.

Untuk masalah biaya, pemerintah Prancis memiliki subsidi pendidikan bagi mahasiswa lokal dan asing. Subsidi ini membantu mereka yang menjalankan studi di Negeri Mode itu. [DAY]