Dark/Light Mode

Sabet 24 Penghargaan Internasional, Film Rio The Survivor Tayang Di Bioskop 31 Maret

Senin, 28 Maret 2022 11:08 WIB
Press conference Rio The Survivor di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (26/3). (Foto: ist)
Press conference Rio The Survivor di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (26/3). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gala Premiere film Rio The Survivor yang diawali dengan Press Conference di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (26/3), berlangsung meriah.

Kerinduan menonton film Indonesia berkualitas tergambar dari komentar para tokoh setelah menyaksikan film yang patut menjadi kebanggaan kita ini. 

Rio The Survivor adalah fim Indonesia yang telah mendapatkan 24 penghargaan dari berbagai Festival Film Internasional di banyak negara Eropa, Asia, Amerika, hingga Afrika.

Gala Premiere dihadiri oleh banyak public figure diantarnya Andy /rif, Jikun /rif, Donna Agnesia, Rebecca Reijman, Kang Maman Suherman, Mario Irwinsyah, Ratu Anandita, Kemal Palevi, Jean Girsang, Adib Hidayat, Widya Saputra, Hadi Skalie, Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, Ifan Ohsi, Giox Superglad, Sapto Haryo Rajasa, dan banyak lagi.

Baca juga : Sebut Penegakan Hukum Masih Lemah, Kelompok Nelayan Dukung Firli Bahuri Nyapres

“Fenomenal! Film yang luar biasa. Selamat untuk semua yang terlibat di film Rio The Survivor,” ucap Donna Agnesia.

Andy /rif yang bersama band /rif terlibat di film untuk mengisi soundtrack film dengan lagu berjudul Malaikat Kecil juga mengutarakan kekagumannya. “Saya sangat senang bisa terlibat di film ini, apalagi filmnya ternyata luar biasa dan banyak mendapat penghargaan di luar negeri,” kata Andy /rif.

“Film yang mudah dicerna, tetapi isinya luar biasa. Kalimat-kalimat di dalam film sangat dahsyat!" ujar Jikun yang selain bersama /rif juga menyumbang soundtrack bersama band Jikunsparin.

Penulis skenario sekaligus sutradara Rio The Survivor, Yudie Oktav mengatakan, setelah mendapat 24 penghargaan yakni 19 sebagai pemenang dan 5 sebagai finalis dan nominasi di berbagai Festival Film Internasional, hingga saat ini masih banyak festival film internasional yang mengundang Rio The Survivor untuk ikut serta di festival film mereka.

Baca juga : Logistik MotoGP Tiba, Bandara Internasional Lombok Layani 404 Ton Kargo

“Tetapi kami tidak lagi tertarik mengikutinya karena konsentrasi kami sekarang adalah bagaimana Rio The Survivor dapat diterima oleh masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Menurut dia, misi dari film Rio The Survivor adalah memberikan pencerahan untuk masyarakat Indonesia karena film ini memuat banyak pesan moral. Selain itu, dia berharap film ini dapat menjadi penyeimbang dari konten-konten, narasi, dan film yang tidak mencerdaskan yang belakangan terlalu banyak menguasai kehidupan masyarakat.

Perjalanan panjang film Rio The Survivor selama tiga tahun sejak diproduksi pada awal 2019, akhirnya bisa disaksikan masyarakat Indonesia mulai 31 Maret 2022 di bioskop. Rio The Survivor mengisahkan tentang perjuangan seorang anak untuk mendapatkan hak hidup dan pendidikan demi mengejar impian.

Kekuatan cerita Rio The Survivor yang terinspirasi dari kisah nyata dengan kemasan misi sosial dan banyak pesan moral membuat film ini mendapat banyak apresiasi di berbagai festival film internasional.

Baca juga : Hari Perempuan Internasional, KBRI Kolombo Kampanyekan Kesetaraan Gender

Rio The Survivor merupakan film yang ditulis dan disutradarai oleh Yudie Oktav, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai jurnalis dan aktivis kemanusiaan bersama Yayasan Syair Untuk Sahabat atau Syair.org. Ketajaman sosok Yudie, yang tumbuh di dunia media, dalam melihat permasalahan sosial begitu terasa dalam alur cerita dan pengambilan gambar yang disajikan di Rio The Survivor bahwa itu adalah realita yang sering terjadi di lingkungan masyarakat kita.

Film Rio The Survivor melibatkan Bambang Pamungkas, mantan bintang sepak bola tim nasional Indonesia, dan gitaris Slank, Ridho Hafiedz, yang bertindak sebagai music director. Sedangkan untuk soundtrack film melibatkan band legendaris Godbless, /rif, Buluk bersama band Kausa, dan Jikunsprain.

“Film ini memiliki pesan moral yang sangat luar biasa karena merupakan kisah nyata tentang diskriminasi yang terjadi pada anak-anak yang kurang beruntung di Indonesia. Ini sebuah fakta yang selama ini luput dari perhatian kita bahwa Indonesia ini yang kita banggakan dengan keberagamannya, dengan pluralismenya, ternyata masih ada diskriminasi terhadap anak-anak,” kata Bambang Pamungkas.

Selain mengangkat diskriminasi, Rio The Survivor adalah film tentang sepakbola karya dari Syair.org dan Citkart Production serta didukung oleh BRI yang juga sponsor utama kompetisi Liga 1 sepakbola nasional. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.