Dark/Light Mode

Muthia Fatika Rachman, Copot Mahkota Miss Universe

Sabtu, 19 Agustus 2023 07:50 WIB
Muthia Fatika Rachman. (Foto: Instagram @muthiafrachman)
Muthia Fatika Rachman. (Foto: Instagram @muthiafrachman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muthia Fatika Rachman menanggalkan mahkota se­bagai 2nd Runner Up alias Juara 3 Miss Universe Indo­nesia 2023.

Langkah ini dilakukannya se­bagai respons dugaan pelecehan seksual terhadap sejumlah finalis dan dicabutnya lisensi Miss Universe dari Indonesia.

“Mengingat penghentian kemitraan antara Miss Universe Organization dan franchise-nya, ditambah situasi yang bertentangan dengan nilai-nilaiku baik sebagai perempuan maupun manusia. Dengan se­gala hormat, aku akan kembali ke Provinsi Jawa Barat,” tulis Muthia pada caption foto di Instagram.

“Aku berharap (penyerahan mahkota-red) untuk mengem­balikan cinta ini dalam bentuk yang lebih besar. Miss Universe dan semua maknanya tetap men­jadi impian masa kecilku yang berharga. Semoga kita bertemu lagi,” lanjutnya.

Baca juga : Usul AHY Atau Khofifah Jadi Cawapres, Demokrat Mulai Tekan Anies

Mundurnya Muthia menuai banyak pujian dari netizen. Ter­lebih lagi, hal itu disampaikan­nya tepat saat peringatan Hari Kemerdekaan.

Sementara, desakan agar ka­sus dugaan pelecehan seksual tersebut diusut tuntas disuarakan finalis, Mellisa Anggraini.

“Kami berharap Polda da­lam waktu dekat melakukan gelar perkara dan menetapkan siapa yang layak dan patut di­mintakan pertang­g u n g ­jawaban­nya,” ujar kuasa hukum Mellisa Ang­graini.

Fabienne Nicole, sang juara Miss Uni­verse 2023 juga menyu­arakan keprihatinannya.

Baca juga : UBS Gold Persembahkan Mahkota Miss Universe Indonesia 2023

Sebelumnya dia dituduh menang karena suap Rp 5 miliar dan nepotisme.

“Aku tidak menoleransi ben­tuk pelecehan seksual apapun. Namun, aku juga menghormati rekan seperjuangan yang memi­liki pengalaman berbeda. Dari lubuk hati terdalam, aku sangat berempati dengan saudari-saudari yang merasa terluka dengan peristiwa saat ini,” beber Fabienne.

Putri Natalia Tanudjaja, Direk­tur PTMNC Land ini, juga mengklaim mendukung polisi mengusut tuntas kasus dugaan pelecehan seksual di jajaran eks manajemen yang dikomandoi Poppy Capella.

“Aku berharap semua orang bisa sabar. Indonesia punya sistem hukum yang kuat, yang selalu berdiri untuk keadilan. Mari per­caya pada institusi, serta hukum yang berlaku,” tandasnya.

Baca juga : Mitigasi Kasus Al Zaytun, BNPT Dorong NII Masuk Daftar Organisasi Teror

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 19/8/2023 dengan judul Muthia Fatika Rachman, Copot Mahkota Miss Universe

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.