Dark/Light Mode

Setahun Rehat, Fiersa Besari Rilis Album Baru Di 31 Desember

Selasa, 15 Desember 2020 21:48 WIB
Sampul lagu `Melawan Hati` Fiersa Besari. (Foto: Istimewa)
Sampul lagu `Melawan Hati` Fiersa Besari. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fiersa Besari kembali menyapa penggemarnya dengan akan merilis album baru bertajuk “20:20”, 31 Desember nanti. Album ini merupakan yang keempat setelah “Konspirasi Alam Semesta” yang dirilis pada 2015. Perilisan album "20:20" hanya dilakukan secara digital mengingat masih kondisi pandemi Covid-19.  

Album “20:20” memiliki filosofi tahun 2020 sebagai tahun perilisannya. Di sisi lain, jika 20 ditambah 20 menghasilkan 40, angka 4 menandakan album ke-4. 

Album ini berisikan 16 lagu dengan empat lagu baru dan 12 lagu lama. Empat lagu baru yang disiapkan Fiersa yaitu “Daftar Orang Hilang”, “Kamu”, “Melawan Hati”, dan “Namamu”. 

Baca juga : Penjualan Naik, Honda Buka Dealer Baru Di Batam

Walaupun baru direkam, lagu-lagu tersebut sebenarnya sudah lama ditulis Fiersa. Sehingga, Fiersa dipaksa mengingat kembali barisan-barisan nada dalam ingatannya. “Merawat ingatan memang mahal,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (15/12).

Lagu baru pertama yang disiapkan Fiersa berjudul “Daftar Orang Hilang”. Lagu ini menceritakan para aktivis dan demonstran yang hilang. “Meskipun fisik mereka tak terlihat, tapi perjuangannya akan terus diwariskan. Tak akan padam walau dibungkam,” tuturnya.

Dua lagu baru berjudul “Kamu” dan “Melawan Hati” disiapkan dengan berduet dengan penyanyi lain. “Kamu featuring Bem Andry. Ini yang unik. Untuk pertama kalinya saya membawakan lagu ciptaan orang lain, yaitu sahabat saya Bem Andry,” ujar Fiersa.

Baca juga : Ma`ruf Rutin Jalan Di Air

Di lagu “Melawan Hati”, Fiersa turut berkolaborasi dengan Prinsa Mandagie. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang ingin pergi dan membunuh perasaannya sendiri. “Tapi, semakin ia melupakan justru ingatan itu semakin kuat,” terangnya.

Pria kelahiran 3 Maret 1984 itu turut membagikan cerita ketika dirinya sibuk mencari rekan duet untuk lagu “Melawan Hati”. “Enggak gampang mencari kawan yang mau featuring. Ketika pada akhirnya saya dan Prinsa Mandagie sepakat bekerja sama pun pengerjaan kontrak dan rekaman berjalan beriringan karena ngejar deadline,” kenangnya.

Cerita spesial terbesit dalam salah satu lagu baru di album “20:20”. Menurut Fiersa, lagunya yang berjudul “Kamu”, menjadi kilas sejarah perjalan cintanya dengan sang istri, Aqia Nur Fadla. Lagu inilah yang mengiringi perjalanannya mendapatkan sang tambatan hati. 

Baca juga : Sudah Ok, Tapi Bale Belum Bisa Main 90 Menit

Fiersa menambahkan, lagu baru yang tidak kalah spesial berjudul “Namamu”. Lagu ini memiliki cerita sendiri untuk dirinya. Ia merasa ada ikatan batin secara personal. “Temanya rahasia ya. Mungkin nanti bisa diresapi sambil didengarkan,” katanya.

Selain empat lagu baru, 12 lagu lama lainnya yaitu “Cerita Rakyat”, “Belum Punah”, “Dirgahayu”, “Bukan Lagu Valentine”, “Obsesi”, “Terima Kasih dan Maaf”, “Selindung”, “Salahkah Mengalah”, “Lekas Pulih”, “Pemeran Pengganti”, “Lagu Dua Kunci”, dan “Cerita Panjang di Hidup yang Singkat”. Fiersa mengungkapkan, lagu-lagu tersebut sudah pernah menjadi bagian dari tiga album sebelumnya atau sudah terikat dengan proyek lain semacam soundtrack. “Yang 12 ini memang awalnya dibuat karena iseng, seliweran di dunia maya, dan kayaknya sudah waktunya untuk dirapikan,” ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.