Dark/Light Mode

Kena Kanker Prostat, Bintang Serial TV Friends James Michael Tyler Meninggal Di Usia 59

Senin, 25 Oktober 2021 08:19 WIB
James Michael Tyler (Foto: Getty Images)
James Michael Tyler (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bintang serial TV Friends, James Michael Tyler meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles dalam usia 59 tahun, Minggu (24/10).

Tyler tutup usia setelah berjuang melawan kanker prostat stadium 4, yang telah dideritanya sejak 2018.

"Pertama kali mengenal Tyler, kita akan langsung merasa dia adalah sahabat seumur hidup kita " kenang sang manager dalam pernyataannya, seperti dikutip BBC, Minggu (24/10).

Baca juga : Komplikasi Covid, Mantan Menlu AS Collin Powell Meninggal Dunia Di Usia 84 Tahun

"Tyler selalu ingin menolong orang lain. Dia pun tak segan membagikan kisahnya ke orang lain. Serta mendorong mereka yang memiliki masalah dengan prostat, agar memeriksakan darah sedini mungkin, di usia 40 tahun," imbuhnya.

Tyler didiagnosis menderita kanker prostat stadium 4 pada tahun 2018. Kanker itu kemudian menyebar hingga ke tulang.

Dalam serial Friends, Tyler yang memerankan tokoh Gunther memang tak banyak tampil dibanding 6 karakter utama lainnya. 

Baca juga : Kejagung Pastikan Proses Laporan Soal Oknum Jaksa Nakal Di Papua

Namun, Gunther tetap menjadi sosok yang populer di kalangan penggemar.

Dalam serial tersebut, Gunther dikisahkan bekerja sebagai pelayan dan manajer di kedai kopi acara, Central Perk. Dia jatuh hati dengan karakter Jennifer Aniston Rachel, yang juga bekerja di tempat yang sama, sebagai pelayan di awal musim pertunjukan.

"Dunia mengenalnya sebagai Gunther (teman ketujuh). Tetapi orang-orang yang dicintai Michael mengenalnya sebagai aktor, musisi, advokat sekaligus aktivis kanker, dan suami yang penuh kasih," ungkap sang manajer.

Baca juga : Mendag Lakukan Pertemuan Bilateral Saat Ministerial Council Meeting Di Paris

Mei lalu, Tyler tampil singkat dalam reuni Friends melalui Zoom. "Sejujurnya, ini adalah 10 tahun paling berkesan dalam hidup saya, Semua orang ini fantastis dan menyenangkan untuk diajak bekerja sama. Sangat, sangat istimewa," papar Tyler.

Tyler muncul di hampir 150 episode komedi yang ditayangkan di NBC, pada tahun 1994 hingga 2004.

Tahun ini, Tyler yang menerima penghargaan aktor terbaik di berbagai festival film, membuat video dari puisi Stephen Kalinich, If You Knew diadaptasi, untuk meningkatkan kesadaran bagi survivor kanker prostat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.