Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komplikasi Covid, Mantan Menlu AS Collin Powell Meninggal Dunia Di Usia 84 Tahun

Senin, 18 Oktober 2021 21:01 WIB
Mantan Menteri Luar Negeri AS Collin Powell (Foto: Reuters)
Mantan Menteri Luar Negeri AS Collin Powell (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Collin Powell, menteri luar negeri kulit hitam AS pertama, meninggal dunia dalam usia 84 tahun pada Senin (18/10).

Info ini disampaikan pihak keluarga Powell, lewat Facebook.

"Jenderal Colin L. Powell, mantan Menteri Luar Negeri AS dan Ketua Kepala Staf Gabungan, meninggal dunia pagi ini karena komplikasi dari Covid 19," tulis keluarga Powell di Facebook, seperti dikutip CNN, Senin (18/10).

Baca juga : Tak Terkait Covid, Mantan Presiden AS Bill Clinton Dirawat Di RS

"Kami telah kehilangan suami, ayah, kakek, dan warga Amerika yang luar biasa dan penyayang," imbuh pihak keluarga, sekaligus menambahkan informasi bahwa Powell telah divaksin penuh. 

Collin Luther Powell yang lahir di Harlem, New York pada 5 April 1937 adalah seorang prajurit profesional terkemuka.

Dia merintis karier dari medan tempur Vietnam, hingga naik panggung menjadi penasihat keamanan nasional kulit hitam pertama di masa akhir kepresidenan Ronald Reagan.

Baca juga : Pelita Air Bakal Mengudara Lagi

Powell juga menjabat Ketua Kepala Staf Gabungan Afrika-Amerika termuda dan pertama, di bawah Presiden George H.W. Bush.

Popularitasnya melonjak setelah koalisi AS menang di Perang Teluk. Pertengahan 90-an, ia sangat diperhitungkan menjadi presiden kulit jlhtam pertama Amerika Serikat.

Namun, reputasinya ternoda ketika ia mendorong intelijen yang salah ke PBB untuk mengadvokasi Perang Irak, yang kemudian disebut sebagai "noda" dalam perjalanan kariernya. Ini terjadi pada masa pemerintahan Bush.

Baca juga : Cuma Naik 77, Kasus Meninggal Cetak Angka Terendah Di Tahun Ini

Dalam pernyataannya hari ini, Bush menyebut Powell sebagai pelayan publik yang hebat, yang sangat disukai Presiden. Sehingga dia mendapatkan Presidential Medal of Freedom, dua kali. Dia sangat dihormati di dalam dan luar negeri.

Sejak dilantik sebagai menteri luar negeri Bush pada tahun 2001, Powell menjadi pejabat publik kulit hitam berpangkat tertinggi di AS hingga saat ini. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.