Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jurnalis Afghanistan Untuk New York Times Dan Keluarganya, Mendarat Selamat Di Meksiko

Rabu, 25 Agustus 2021 23:16 WIB
Menlu Meksiko Marcelo Ebrard (Foto: Getty Images)
Menlu Meksiko Marcelo Ebrard (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekelompok wartawan Afghanistan yang bekerja untuk New York Times beserta keluarga, tiba dengan selamat di Meksiko, Rabu (25/8).

Mereka berhasil melarikan diri dari negaranya yang kini dikuasai Taliban, setelah dibantu oleh pemerintah Negeri Sombrero.

Bantuan tersebut bermula saat Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard menerima permohonan dari Azam Ahmed, mantan Kepala Biro New York Times untuk Kabul dan  Meksiko.

Baca juga : Sedang Liburan, Menlu Inggris Disuruh Mundur

Di tengah upaya meningkatkan penerbangan evakuasinya, sistem imigrasi Amerika disebut kewalahan menghadapi krisis tersebut

"Kami tak punya waktu untuk memiliki saluran komunikasi resmi yang semestinya," ujar Ebrard menanggapi hal tersebut.

Petugas berwenang Meksiko pun memberikan dokumen yang dapat memuluskan langkah warga Afghanistan terbang dari Kabul ke Doha, Qatar, dan Meksiko.

Baca juga : Pengungsi Afghanistan Langsung Melahirkan Begitu Mendarat Di Jerman

Dalam pemberitaan tersebut, Ebrard mengutip tradisi nasional, menyambut semua orang dari pemimpin kemerdekaan Kuba abad ke-19 José Martí hingga orang Yahudi Jerman, dan orang Amerika Selatan yang melarikan diri dari kudeta.

"Meksiko telah membuka pintu bagi para jurnalis Afghanistan. Ini demi melindungi mereka. Kami konsisten dengan kebijakan ini," tuturnya 

Meksiko kini juga tengah menawarkan bantuan evakuasi terhadap jurnalis Afghanistan yang bekerja untuk Wall Street Journal dan Washington Post[HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.