Dark/Light Mode

Rencana Pertemuan Puan Dengan AHY Picu Banyak Spekulasi Politik

Kamhar Lakumani: Wajar, Kalau Muncul Berbagai Tafsir Politik

Senin, 12 Juni 2023 07:00 WIB
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunikasi politik kerap dilakukan partai politik untuk menjajakikerja sama atau koalisi.

Seperti yang dilakukan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) Puan Maharani yang ingin mengajak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu.

Padahal, AHY sudah berkomitmen membangun Koalisi Perubahan bersama PKS dan Partai NasDem untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres).

Sebelumnya, Puan mengungkapkan bahwa AHY masuk dalam daftar bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Baca juga : Muslimin: Di Politik, Tidak Ada Yang Tidak Mungkin

Disinggung tentang peluang partainya berkoalisi dengan Demokrat, Ketua DPR itu mengatakan, mungkin saja hal itu terjadi.

Kendati demikian, Puan mengaku akan mengobrol dahulu dengan AHY untuk melihat, apakah PDIP dan Demokrat memiliki kecocokan. Utamanya, dalam membangun bangsa.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani me­nyambut baik hal itu. "Rencana silaturahmi politik Mbak Puan dan Mas AHY menjadi sesuatu yang positif dan meneduhkan, di tengah dinamika politik menuju Pemilu 2024," ujarnya.

Menurut Direktur Eksekutif Puspol Indonesia, Muslimin, ajakan Puan berkomunikasi dengan AHY, bisa dilihat sebagai upaya menggoda Demokrat agar berkoalisi dengan PDIP.

Baca juga : Survei Indikator: 83 Persen Pemudik Puas Dengan Pelayanan Polisi Jaga Rumah Selama Mudik

"Bisa juga dilihat sebagai upaya menekan Anies Baswedan agar segera memutuskan dan mengumumkan cawapresnya," tandas Muslimin.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Kamhar Lakumani mengenai hal tersebut.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani ingin bertemu dengan AHY. Bagaimana tanggapan Anda?

Rencana silaturahmi politik Mbak Puan dan Mas Ketum Demokrat AHY, menjadi sesuatu yang positif dan meneduhkan di tengah dinamika politik tahapan Pemilu dan kontestasi Pilpres 2024.

Baca juga : Kunjungan Airlangga Ke Ponpes Di Jatim Wajar, Untuk Jaga Basis Konstituen

Silaturahmi ini, tak hanya bisa men­jadi tanda level baru hubungan Partai Demokrat dan PDIP yang dibangun di atas kesadaran politik kebangsaan dan politik kenegaraan. Sekaligus, tanda kedewasaan politik masing-masing yang berkontribusi pada peningkatan derajat dan kualitas demokrasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.