Dark/Light Mode

Partai Golkar Pede Usung Airlangga Sebagai Capres

Lodewijk F Paulus: Golkar Masih Di KIB, Capresnya Airlangga

Jumat, 30 Juni 2023 07:10 WIB
Lodewijk F Paulus, Sekjen Partai Golkar. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Lodewijk F Paulus, Sekjen Partai Golkar. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar masih percaya diri (pede) mengusung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto sebagai bakal Calon Presiden (Capres). Meskipun, hasil survei didominasi bakal Capres Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menegaskan, partainya masih tegak lurus patuhi amanat Musyawarah Nasional (Munas), Airlangga Hartarto sebagai Capres dari Partai Golkar.

Padahal, nama Airlangga lebih sering masuk ke dalam bursa Cawapres, bukan Capres. Sebut saja relawan Pro Jokowi (Projo) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara yang mendukung duet Prabowo-Airlangga.

Baca juga : Pengalaman Kelola Perekonomian Nasional, Airlangga Capres Pilihan 2024

Lantas, apakah keinginan Golkar mengusung Airlangga Hartarto akan didukung partai lain? Bagaimana peluangnya?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, sangat wajar jika Partai Golkar ingin mengusung Ketua Umumnya sebagai Capres.

Menurut dia, dengan mengusung Airlangga, Partai Golkar akan mendapatkan suara maksimal dari loyalisnya dibandingkan dengan mengusung Capres dari luar Golkar.

Baca juga : Partai Garuda: Yang Bisa Jegal Bakal Capres, Cuma Partai Yang Mau Usung

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Lodewijk F Paulus dalam peringatan HUT Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.

Dinamika koalisi partai politik semakin seru. Partai Golkar mau berkoalisi dengan siapa?

Belum berubah, kami masih berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Silaturahmi Golkar, PAN dan PPP tetap berjalan baik.

Baca juga : Dalam Koalisi Apapun, Airlangga Wajib Jadi Capres Atau Cawapres

Kami pun fokus agar Pak Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar menjadi Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.