Dark/Light Mode

Ayo Tebak, Jika Pilpres Dua Putaran Siapa Pemenangnya?

Djayadi Hanan: Suara Pendukung Capres Yang Kalah Jadi Rebutan

Minggu, 16 Juli 2023 07:20 WIB
Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia.
Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diikuti tiga Calon Presiden (Capres).

Yaitu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Men­teri Pertahanan Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Akan ada putaran kedua," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat merilis hasil survei nasional LSI bertajuk Peta Kom­petisi Pilpres dan Sikap Publik terhadap Isu-isu Nasional yang digelar secara daring, Selasa (11/7).

Prediksinya, Anies yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem, kalah pada putaran pertama. Selanjutnya, Ganjar dan Prabowo akan bertanding pada putaran kedua.

Baca juga : Erdogan: Ini Kemenangan 85 Juta Warga Turki Menang, Sekarang Waktunya Bersatu

Menilik hasil survei LSI, belum ada perubahan peta yang be­rarti soal Pilpres. Tiga nama teratas bakal Calon Presiden, masih diduduki Prabowo, Ganjar dan Anies.

Dalam simulasi 19 nama, Prabowo dan Ganjar bersaing ketat dengan tingkat dukungan yang secara statistik sama. "Namun, dalam tiga dan dua nama, Prabowo cenderung unggul," papar Djayadi.

Rinciannya, di simulasi 19 nama, Prabowo berada di posisi puncak, dengan angka 25,3 persen. Ganjar menempel ketat dengan raihan suara 25,1 persen.

Selanjutnya, Anies di peringkat ketiga dengan angka 14,4 persen.

Baca juga : Pendukung Capres Mulai Cerewet

Di simulasi tiga nama, Prabowo unggul dengan angka 35,8 persen. Ganjar mengejar di angka 32,2 persen. Anies 21,4 persen. Sisanya, 10,6 persen responden, tidak menjawab.

Survei ini dilakukan terhadap 1242 responden, melalui metode random digit dialing (RDD) atau menggunakan saluran telepon.

Margin of error survei diperkirakan ±2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dalam asumsi simple random sampling.

Lantas, apakah Ganjar atau Prabowo yang bisa mendapatkan suara pemilih Anies pada putaran kedua? Jawabannya, tergan­tung siapa yang bisa meminimalisir benturan dengan Anies dan para pendukungnya. Tergantung siapa yang bisa mengambil hati para pemilih Anies.

Baca juga : Praktik Suap Masih Ada, Pelayanan Publik Yang Akuntabel Masih Jadi PR Pemerintah

Berikut wawancara Rakyat Merdeka dengan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengenai hal ini.

Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran ya...

Jika bakal Calon Presiden (Capres) yang paling unggul sekarang, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan maju dengan pa­sangannya masing-masing, kemung­kinan tidak ada yang memperoleh suara lebih dari 50 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.