Dark/Light Mode

Proyek Sodetan Ciliwung Kelar, PSI Dapat Amunisi Kritik Anies

Mujiyono: Ini Progres Dari Waktu Ke Waktu

Rabu, 2 Agustus 2023 06:40 WIB
MUJIYONO, Ketua DPD Partai Demokrat DKI. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
MUJIYONO, Ketua DPD Partai Demokrat DKI. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan proyek Sodetan Kali Ciliwung. Proyek tersebut diharapkan mampu berkontribusi untuk mengurangi banjir di DKI Jakarta.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadikan hal ini sebagai amunisi untuk mengkritik mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang dinilainya tidak mengerjakan proyek tersebut.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menyebut, proyek ini sudah dikerjakan selama bertahun-tahun. Jika ditotal, kata dia, jumlahnya hampir 11 tahun. “Hari ini Alhamdulillah selesai,” ucap Jokowi di lokasi, Senin (31/7).

Proyek Sodetan Kali Ciliwung, menurut Jokowi, mampu berkontribusi menyelesaikan permasalahan banjir di Jakarta.

Baca juga : William Aditya Sarana: Kalau Tegak Lurus, Masalah Cepat Selesai

Sebelumnya, Pemerintah juga membangun dua bendungan di Bogor, Jawa Barat, yaitu Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi.

“Paling tidak, enam kelurahan tidak banjir lagi. Bisa menyelesaikan kira-kira 62 persen dari persoalan banjir di Jakarta. Artinya, masih ada PR 38 persen. Ini harus dikerjakan bersama-sama oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemprov DKI,” tuturnya.

Jokowi menambahkan, ke depannya, Pemerintah akan fokus melakukan normalisasi Kali Ciliwung. Selain itu, lanjut Jokowi, Pemerintah juga akan fokus pada permasalahan banjir rob di utara Jakarta.

Di kesempatan berbeda, Anies menilai, setiap proses pembangunan memerlukan waktu. Termasuk, pembangun proyek Sodetan Kali Ciliwung di eranya.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Banjir Di Ibu Kota Jakarta Bakal Berkurang

“Semua yang sifatnya pembangunan itu pasti memerlukan waktu,” kata Anies di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kemarin.

Meski begitu, Anies mengaku bersyukur proyek Sodetan Ciliwung dapat selesai. Menurutnya, setiap fase kepemimpinan akan ada proyek yang dapat diselesaikan.

“Saya menyampaikan rasa syukur alhamdulillah, bahwa proyek sodetan, yaitu membangun terowongan yang besar dari Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) itu selesai,” ujar dia.

Sekretatis Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengapresiasi peresmian proyek Sodetan Kali Ciliwung. Menurut dia, keberhasilan proyek tersebut karena ada sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Baca juga : Kritik Jalan, Proyek Mau

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono menilai, tidak penting penilaian sebuah proyek diselesaikan di era siapa. Tetapi, kata dia, kepentingan masyarakat menjadi hal utama dalam sebuah pembangunan.

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Mujiyono.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.