Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Orang PSI Ke Anies

Kritik Jalan, Proyek Mau

Minggu, 21 November 2021 08:05 WIB
Ketua DPW PSI Jakarta, Michael Sianipar. (Foto: Istimewa)
Ketua DPW PSI Jakarta, Michael Sianipar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama ini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dikenal sebagai lawan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Di Kebon Sirih, para wakil rakyat dari PSI paling rajin mengkritik berbagai kebijakan Anies. Selain kritik yang masih jalan, ternyata PSI juga masih doyan proyek yang anggarannya dari Pemprov DKI.

Proyek yang didapat PSI merupakan kegiatan Forum Internasional Youth 20 (Y20) yang akan diselenggarakan tahun depan. Untuk mensukseskan acara itu, Pemerintah Ibu Kota melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI mengucurkan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar.

Baca juga : Tanggapi Pernyataan Arteria Dahlan, KPK: Bertentangan Dengan UU!

Proyek tersebut diberikan kepada Ketua DPW PSI Jakarta, Michael Sianipar dalam kapasitas sebagai Ketua Indonesian Youth Diplomacy (IYD). Program Y20 merupakan salah satu kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di mana Presiden Jokowi saat ini merupakan Ketetuaan atau Presidensi G20 untuk 1 tahun ke depan.

Alokasi anggaran ini tercatat dalam data hasil input komponen Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2022. Dalam APBD DKI, anggaran itu tertulis untuk program pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan Dispora DKI Jakarta. Awalnya, anggaran yang diajukan lebih dari Rp3 miliar. Namun, mendapat penolakan dari DPRD DKI karena dinilai terlalu besar. Akhirnya, DPRD DKI menyetujui anggaran tersebut sebesar Rp 2,7 miliar.

Baca juga : KSP Dorong Politik Anggaran Pro Difabel

Sebelum program itu diketuk palu, Michael Sianipar sudah terlebih dahulu bertemu dengan Anies Baswedan, akhir Oktober lalu. Dalam pertemuan itu, dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Anies yang dianggapnya komitmen mensukseskan program Y20.

“Terima kasih Pak Gubernur @aniesbaswedan atas komitmen dan dukungannya dalam turut menyukseskan Y20 Summit Indonesia tahun 2022. @iyouthdiplomacy akan berkolaborasi dengan Pemprov DKI dalam menyambut 100 delegasi mancanegara di Jakarta, Juli nanti,” bunyi postingan Instagram milik IYD yang mengunggah pertemuannya dengan Anies (25/10).

Baca juga : Anies Melawan Kritik Dengan Kata Dan Data

Sikap Michael yang memuji Anies ini menuai sorotan. Padahal, di saat yang sama, dirinya bersama Fraksi PSI di DPRD DKI juga paling keras mengkritik berbagai kebijakan Anies. Mulai dari Formula E, banjir hingga APBD DKI.

Namun, setelah banyak mendapatkan kritik, Michael membuat klarifikasi. Katanya, program Y20 merupakan proyek yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). IYD, organisasi yang dipimpinnya ditunjuk Kemenpora untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.