Dark/Light Mode

Proyek Sodetan Ciliwung Kelar, PSI Dapat Amunisi Kritik Anies

Mujiyono: Ini Progres Dari Waktu Ke Waktu

Rabu, 2 Agustus 2023 06:40 WIB
MUJIYONO, Ketua DPD Partai Demokrat DKI. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
MUJIYONO, Ketua DPD Partai Demokrat DKI. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Anies kembali disindir PSI setelah proyek Sodetan Kali Ciliwung sele­sai. Apa tanggapan Anda?

Poin utamanya adalah manfaat untuk rakyat. Yang dilakukan oleh siapa pun pemerintahnya, dari waktu ke waktu, tentunya berprogres. Apa yang selesai hari ini adalah proses dari pemerintahan ke pemerintahan.

Pasti di sana-sini ada pendapat berbeda-beda. Misalnya, bahwa di za­mannya si ini mandek, atau di zaman­nya itu belum jalan. Lalu, di era si anu ada kemajuannya. Itu tidak penting.

Terus, apa yang penting?

Baca juga : William Aditya Sarana: Kalau Tegak Lurus, Masalah Cepat Selesai

Yang terpenting, semuanya ber­proses dari pemerintahan ke peme­rintahan, sudah beres, dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tolong berikan contoh?

Misalnya saja, MRT (Mass Rapid Transit), itu zamannya siapa? Itu awalnya zaman Foke atau Fauzi Bowo, namun finalnya pada zaman Anies. Kan begitu, ada proses dari pemerintahan ke pemerintahan. Kita tidak perlu menghilangkan proses yang telah dilakukan pada pemerintahan sebelumnya.

Contoh lainnya?

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Banjir Di Ibu Kota Jakarta Bakal Berkurang

Realisasi JIS (Jakarta International Stadium) pada zamannya Anies. Itu direncanakan pada era Foke juga. Itu ada proses dari era Foke. Jangan kita kecilkan proses itu. Dulu namanya stadion BMW.

Bagaimana dengan sodetan itu?

Kalau sodetan itu, masterplannya pada era Pak SBY, selesainya za­man Pak Jokowi. Kan begitu. Lalu Bendungan yang di Ciawi, Bogor, itu zamannya Foke ada kajiannya. Pernah ada pembahasan pembebasan lahannya pada periode pertama, sele­sainya sekarang.

Ada kesinambungan pem­bangunan ya?

Baca juga : Kritik Jalan, Proyek Mau

Memang ada kesinambungan pem­bangunan untuk masyarakat. Jangan mengesampingkan itu. Yang baik dipertahankan, yang kurang baik dievaluasi atau diperbaiki. Bukan semuanya tidak baik.

Bagaimana dengan sindiran PSI tersebut?

Yang penting, enam kelurahan di sekitaran sodetan bisa terbebas dari banjir, itu senang banget. Itu yang harus disyukuri. Sekarang kita tinggal selesaikan yang lain, Pemerintah se­lanjutnya selesaikan yang lain. Nanti 2024 ada Gubernur baru, selesaikan lagi sampai di mana. NNM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.