Dark/Light Mode

Survei LSI Sebut Persaingan Ganjar VS Prabowo Sengit

Irma Suryani Chaniago: Survei Hari Ini Terlalu Absurd

Sabtu, 2 September 2023 06:30 WIB
Irma Suryani Chaniago, Ketua DPP NasDem. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Irma Suryani Chaniago, Ketua DPP NasDem. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengindikasikan, pertarungan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dalam simulasi tiga nama Capres, berlangsung sengit. 

Simulasi tersebut dimenangkan Ganjar, dengan angka 37 persen. Posisi Ganjar saat ini, dibuntuti Prabowo yang membukukan angka 35,3 persen, dan Anies Baswedan 22,2 persen.

"Terjadi pertarungan yang sangat ketat antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat menyampaikan rilisnya secara daring, Rabu (30/8).

Djayadi menambahkan, selisih pemilih Ganjar dengan Prabowo yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), masih bisa berubah. Mengingat, jumlah pemilih yang sudah pasti dengan pilihannya, masih ada di angka 34 persen. "Simulasi tiga nama ini masih dinamis," ujar Djayadi.

Baca juga : Jihad: Melawan Penyimpangan

Dengan asumsi ini, jika tiga Capres itu bertarung pada Pilpres 2024, mungkin saja terjadi putaran kedua. LSI pun membuat simulasi dua nama, jika Pilpres berlangsung dua putaran.

Hasilnya, jika Ganjar yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo head to head dengan Anies, Gubernur Jawa Tengah itu mendapatkan 51,6 persen suara. Mengungguli Anies, yang hanya meraup 40,8 persen.

Jika Prabowo dan Anies yang maju ke putaran kedua, Ketua Umum Partai Gerindra itu bisa unggul signifikan dengan angka 51,6 persen. Anies, cuma dapat 32,6 persen.

Jika yang lolos ke putaran kedua adalah Prabowo dan Ganjar, maka Prabowo unggul dengan perolehan suara 47,3 persen. Sedangkan Ganjar, mendapat 42,2 persen.

Baca juga : Tasyaddud Bukan Jihad

Survei nasional tatap muka ini, dijalankan LSI pada 3-9 Agustus 2023, dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (multistage random sampling).

Margin of error survei ini, sekitar 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Quality control terhadap hasil wawancara, dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). 

Dalam quality control, menurut LSI, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Baca juga : Sirojudin Abbas: PAN Lagi Berusaha Perbaiki Elektabilitas

Berikut ini tanggapan Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.