Dark/Light Mode

Calon Pendamping Ganjar Mengerucut Ke Tiga Tokoh

Romahurmuziy: Nama Calon Tak Asing Bagi Kami

Sabtu, 7 Oktober 2023 06:20 WIB
M. Romahurmuziy, Ketua Majelis Pertimbangan PPP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
M. Romahurmuziy, Ketua Majelis Pertimbangan PPP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Apakah pimpinan PPP sudah bertemu dengan para bakal Cawapres pendamping Ganjar?

Pak Mahfud MD sudah bertemu Ketua Umum PPP, Pak Mardiono, beberapa waktu lalu. Namun, dalam pertemuan-pertemuan tersebut, tidak spesifik membicarakan pencawapresan. 

Secara umum, bagaimana pandangan Anda mengenai Mahfud MD dan Khofifah?

Kami sangat memahami, Pak Mahfud dan Ibu Khofifah adalah tokoh-tokoh warga NU yang sudah lebih dua dekade beredar di panggung politik nasional, dikenal memiliki integritas, dan berpengalaman dalam sejumlah jabatan publik. 

Baca juga : PPP: Cawapres Ganjar Mengerucut 2 Nama, Sandi Dan Mahfud

Secara khusus tentang Mahfud MD?

Pak Mahfud saat pertama kali menjadi Menteri Pertahanan tahun 1999, berangkat dari PPP, sebagaimana ditegaskan beliau dalam beberapa kali pertemuan, terakhir Sabtu, 30 September 2023.

Bagaimana dengan Khofifah?

Khofifah bukan tokoh asing bagi PPP. Beliau memiliki rekam jejak sebagai Jubir PPP, saat menjadi anggota Fraksi PPP dalam Sidang Umum MPR tahun 1997, yang menggemakan asas Pemilu Jurdil untuk pertama kalinya saat Orde Baru. 

Baca juga : Hasto: Nama Pendamping Ganjar Masih Digodok, Target Menang 1 Putaran

Bahkan, PPP menjadi satu-satunya partai parlemen yang mengusung Khofifah sebagai Cagub Jawa Timur (Jatim) 2008. Saat itu, saya bertindak selaku Ketua Tim Pemenangan Khofifah yang terdaftar di KPUD Jatim. Pengusungan PPP ini berulang dalam Pilkada Jatim 2018, saat saya menjadi Ketua Umum, yang mengantarkan Khofifah menjadi Gubernur Jatim saat ini.

Namun, sesuai amanat Rapimnas PPP 17-18 Juni 2023, saat ini kami masih dalam posisi mendorong  Sandiaga Uno, sebagai tokoh nasional yang memiliki seluruh komponen obyektif yang dibutuhkan Ganjar. 

Apa kelebihan Sandiaga Uno?

Sandi adalah juga pemegang Kartu NU yang diserahkan Kiai Said Aqil, menyeimbangkan geografi Jawa-luar Jawa, dan memiliki latar belakang ekonomi yang akan menggenapkan Ganjar.

Baca juga : Ribuan Santrine Ganjar Meriahkan Istigasah Dan Doa Bersama Untuk Bangsa Di Tuban

Sandiaga juga satu-satunya nama bakal Cawapres yang pernah ada di kartu suara, sehingga popularitasnya merata secara nasional dan elektabilitasnya tertinggi sebagai Cawapres. 

Basis Sandi yang spesifik di kalangan milenial dan emak-emak, juga menggenapi Ganjar yang unggul di kalangan Gen-X dan Baby Boomers. NNM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.