Dark/Light Mode

Prabowo Dan Serikat Buruh Saling Kritik Soal Tuntutan Kenaikan Upah

Achmad Gojali Harahap: Buruh Dan Pengusaha Harus Saling Pengertian

Senin, 13 November 2023 00:40 WIB
Achmad Gojali Harahap, Tim Sukses Prabowo-Gibran. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Achmad Gojali Harahap, Tim Sukses Prabowo-Gibran. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Prabowo mengimbau buruh tidak menuntut kenaikan upah melulu. Buruh kecewa. Tanggapan Anda?

Saya kira, apa yang disampaikan Pak Prabowo itu benar. Seharusnya, pengusaha dan buruh saling mengerti. Saling mengerti, apa yang dikeluarkan pengusaha, dan apa yang dibutuhkan buruh.

Apalagi, situasi saat ini, baru recovery ekonomi setelah pandemi Covid-19. Artinya, harus ada kesadaran buruh mengenai tingkat kemampuan pengusaha seperti apa.

Maksud Anda, jangan selalu menuntut gaji naik ya?

Baca juga : Mirah Sumirat: Investor Hengkang Karena Faktor Korupsi

Iya, tidak harus memaksakan kehendak. Kalau masih memadai, saya kira tidak perlu terus-menerus menuntut gaji naik. Harusnya, kaitkan dengan situasi ekonomi dan situasi yang dihadapi pengusaha.

Bagaimana dengan situasi yang dihadapi buruh?

Pengusaha kita tentu paham Pancasila. Pengusaha pasti memikirkan buruh demi keberlanjutan perusahaan. Itu juga sangat penting diperhitungkan. Mungkin maksud Pak Prabowo, harusnya buruh dan pengusaha saling pengertian.

Memangnya kenapa jika buruh menuntut upah naik saat ini?

Baca juga : Ketua DPP Demokrat Amal Alghozali: Politik Pertanian Dan Pangan Harus Dibenahi

Kalau menuntut gaji naik, tapi tidak melihat situasi kondisi perusahaan, maka akan berdampak juga kepada buruh. Bukan hanya itu, kenaikan upah juga akan menyulitkan pengusaha. Kecuali, situasinya sudah benar-benar pulih, perusahaan eksis dan mempunyai keuntungan yang besar, barulah wajar buruh menuntut gaji naik.

Apakah Anda khawatir,  Prabowo dicap tidak pro  buruh?

Tidaklah. Prabowo adalah orang yang peduli terhadap kepentingan rakyat seperti petani, nelayan, buruh. Justru, kelebihan Prabowo di situ. Dia memikirkan semua aspek kehidupan masyarakat. Dia mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk NKRI.

Bagaimana cara Anda meyakinkan buruh agar mendukung Prabowo?

Baca juga : Kenalkan Kembali Sejarah Dan Budaya Kota Tangerang

Dalam beberapa pidatonya, Prabowo bilang, tidak ingin mati sebelum menyaksikan Indonesia Sejahtera.

Prabowo punya komitmen yang tinggi terhadap buruh, nelayan, petani dan  sebagainya. Komitmennya terhadap buruh, sudah teruji. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 13 November 2023 dengan judul "Prabowo Dan Serikat Buruh Saling Kritik Soal Tuntutan Kenaikan Upah, Achmad Gojali Harahap: Buruh Dan Pengusaha Harus Saling Pengertian "

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.