Dark/Light Mode

Pro Kontra Mekanisme Pemilihan Gubernur Jakarta Masih Kenceng

Achmad Baidowi: Dipilih Langsung Atau DPRD, Sesuai Konstitusi

Sabtu, 9 Desember 2023 06:40 WIB
Achmad Baidowi, Wakil Ketua Baleg DPR Dari PPP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Achmad Baidowi, Wakil Ketua Baleg DPR Dari PPP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
RUU DKJ jadi omongan publik, karena salah satu pasalnya; Gubernur dipilih Presiden. Bagaimana sikap Fraksi PPP mengenai Pasal 10 ayat 2 itu?

Sikap Fraksi PPP waktu itu, sepakat bahwa otonominya di tingkat provinsi, karena kabupaten/kota di Jakarta tidak menggelar Pilkada. Maka, yang di tingkat provinsi, tetap menggelar Pilkada.

Ada juga usulan, pemilihan Gubernur Jakarta melalui DPRD. Anda setuju ataukah menolaknya?

Ini bukan setuju atau tidak setuju, karena dalam konstitusi disebutkan, pengisian kepala daerah di daerah otonom, melalui pemilihan secara demokratis.

Baca juga : Atang Irawan: Matikan Demokrasi Secara Perlahan

Nah, demokratis itu bermakna pemilihan langsung dan bermakna pemilihan tidak langsung. Dua-duanya demokratis. Dua-duanya punya rumusan yang jelas, tinggal bagaimana mekanisme yang disepakati melalui proses politik.

DPR condong ke arah mana?

Yang jelas, teman-teman di DPR, tidak sembarangan melakukan penyusunan. Kalau kemudian ada perbedaan pendapat setelah rapat, yang dihitung adalah yang di rapat resmi.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai penolakan masyarakat?

Baca juga : Dipastikan oleh Tito, Gubernur Jakarta Tetap Dipilih Langsung

Pro kontra adalah hal yang biasa. Mayoritas penolakan itu, tentang Gubernur ditunjuk Presiden. Tetapi kalau yang dipilih secara demokratis, baik pemilihan secara langsung atau tidak langsung melalui DPRD, itu kan masih sesuai konstitusi.

Apakah Fraksi PPP punya usulan yang tegas. Misalnya, mencoret Pasal 10 ayat 2 RUU DKJ?

Kita lihat nanti dalam proses pembahasan. Kita lihat juga, apakah sikap Pemerintah yang menolak itu konsisten. Mudah-mudahan, Pemerintah konsisten menolak dalam pembahasan nanti. Sehingga, penolakan itu tidak hanya wacana di media. Tapi, benar-benar menolak. 

Kami tidak pernah mengusulkan yang seperti itu. Tapi, seolah-olah kami yang mengusulkan. Padahal, bukan. REN

Baca juga : Achmad Baidowi: PPP Usul Gubernur Jakarta Dipilih DPRD

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 9 Desember 2023 dengan judul "Pro Kontra Mekanisme Pemilihan Gubernur Jakarta Masih Kenceng, Achmad Baidowi: Dipilih Langsung Atau DPRD, Sesuai Konstitusi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.