Dark/Light Mode

Partai Pengusung 01 Dan 03 Diramal Gabung Ke Prabowo

Hendri Satrio: Sangat Mungkin PDIP Jadi Oposisi

Senin, 1 April 2024 07:50 WIB
Hendri Satrio, Founder Lembaga Survei KedaiKOPI.(Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Hendri Satrio, Founder Lembaga Survei KedaiKOPI.(Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai politik pengusung Calon Presiden-Calon Wakil Presiden yang kalah, masih belum pasti akan berada di mana Apakah yang kalah akan bergabung dengan yang menang? Atau memilih menjadi oposisi? 

Yang jelas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Saat ini, sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Terlepas dari itu, apakah partai sudah merancang peta politik mereka selanjutnya? 

Baca juga : Adi Prayitno: Cuma PDIP Dan PKS Yang Siap Beroposisi

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, semua partai sedang fokus menghadapi PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut dia, peta koalisi partai politik masih dinamis. 

"Saat ini, semua energi partai difokuskan untuk proses gugatan di MK. Semua kemungkinan masih bisa terjadi," ujar Andreas melalui pesan singkat kepada Rakyat Merdeka, Minggu (31/3/2024). 

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Iqbal juga bicara hal yang sama. "Semua tergantung putusan MK," ucap Iqbal, Minggu (31/3).

Baca juga : Diduga Ditekan, Tim Hukum Paslon 03 Ngeluh Kesulitan

Founder Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio menilai, semua kemungkinan masih bisa terjadi terkait peta koalisi ke depannya. 

Menurut dia, akan ada partai pengusung Paslon 01 dan 03 yang masuk ke Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Paramater Politik Indonesia, Adi Prayitno menyatakan, semua partai akan masuk dalam kabinet selanjutnya. Namun, untuk PDIP dan PKS, masih menunggu waktu satu atau dua tahun lagi. 

Baca juga : Petani Terima Kasih Ke Mentan

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Hendri Satrio.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.