Dark/Light Mode

Di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Akankah Khofifah-Emil Dardak Melawan Kotak Kosong

Luluk Nur Hamidah: Kami Tidak Ingin Terburu-buru

Sabtu, 25 Mei 2024 07:50 WIB
Luluk Nur Hamidah, Ketua DPP PKB. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Luluk Nur Hamidah, Ketua DPP PKB. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Kenapa PKB belum memutuskan bakal calon gubernur (bacagub) Jatim?

Jatim masih dinamis, karena merupakan provinsi yang sangat besar dan salah satu populasi terbesar. Kemudian, Jatim juga basis NU dan PKB.

Kami berharap, Jatim bisa dipimpin Gubernur yang memenuhi kualifikasi untuk memimpin provinsi ini. Sekaligus, bisa memimpin perubahan.

Apakah PKB akan mengusung calon selain Khofifah?

Baca juga : Herman Khaeron: Dalam Politik Semua Serba Mungkin

Kami sedang menjalani proses untuk menjaring yang terbaik dari yang baik. Terutama, figur yang memenuhi aspek integritas, semangat antikorupsi, memiliki kemampuan manajerial, dan kemampuan berkomunikasi dengan semua kepentingan yang ada di Jatim.

Kami tidak ingin terburu-buru, karena Jatim berhak dipimpin tokoh yang bersih, mengusung perubahan, pemimpin yang tidak punya beban pada masa yang akan datang.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai potensi Khofifah melawan kotak kosong?

Oh, tidak itu. Tidak mungkin ada calon tunggal di Jatim. Saya kira, tidak sampai segitunya, sampai kemudian akan ada krisis calon pemimpin di Jatim.

Baca juga : Gawat, Cuma 69 % Bus Pariwisata Layak Jalan

Siapa figur yang masuk radar PKB?

Kami mendengar aspirasi dari banyak pihak. Ada rekan kami yang mengusulkan kiai Marzuki, ada juga yang mantan bupati atau wali kota di Jatim.

Jadi, ada beberapa kriteria, mulai dari tokoh kultural NU, kepala daerah dan tokoh politik. Masukan ini kami matangkan sambil membawa nama-nama itu ke para kiai, kalangan pesantren.

Apakah sudah komunikasi dengan partai lain terkait nama kiai Marzuki?

Baca juga : Banteng Kunci Kader Topnya

PKB terbuka untuk membangun koalisi dengan yang lain. Minimal, kami berharap Koalisi Perubahan, yakni teman-teman NasDem dan PKS bergabung.

Kami ingin membangun kebersamaan untuk Jatim yang lebih baik. Makanya, perlu didukung bareng-bareng. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Sabtu, 25 Mei 2024 dengan judul "Di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Akankah Khofifah-Emil Dardak Melawan Kotak Kosong, Luluk Nur Hamidah: Kami Tidak Ingin Terburu-buru"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.