Dark/Light Mode

Kang Emil Di Jakarta Atau Jabar, Tergantung Golkar

Viva Yoga Mauladi: Kami Tak Ikut Campur Urusan Internal Golkar

Minggu, 23 Juni 2024 07:40 WIB
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) muncul di dua bursa calon gubernur. Di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun masih hitung-hitungan mengenai arah politik pria yang diakrab Kang Emil tersebut.

Salah satu partai yang mendukung Kang Emil maju di Jakarta, yakni Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membenarkan dukungan itu.

Baca juga : Jangan Ukur Stunting Pake Alat Ala Kadarnya

“Yang di Jakarta, saya mengusulkan Ridwan Kamil. Saya kira, semua sudah mau menyetujui Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta.  Wakilnya belum diputuskan,” kata Zulhas di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menjelaskan, usulan mengusung Kang Emil di Jakarta ini, berdasarkan rencana Partai Golkar.

Namun, kata dia, jadi atau tidaknya, dikembalikan kepada Golkar. Mengingat, Emil adalah politisi Golkar. "Sepenuhnya menjadi kewenangan Golkar,” ujar Viva kepada Rakyat Merdeka, Jumat (21/6/2024)

Baca juga : Di 2029, PPP Yakin Kembali Ke Senayan

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menjelaskan, awalnya Partai Golkar memberi dua surat penugasan kepada Emil untuk maju di dua provinsi, Jakarta atau Jabar. Doli menyebut, Emil setuju saat itu.

“Waktu itu mungkin Kang Emil menyatakan bersedia karena berasumsi, Pak Anies Baswedan tidak maju lagi karena sudah jadi calon presiden,” katanya.

Sehingga, Doli menambahkan, Partai Golkar dan partai lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih mendiskusikannya. Sebab, elektabilitas Emil di Jakarta tidak setinggi di Jawa Barat. "Elektabilitasnya di Jabar tak ada yang menandingi,” ujar Doli.

Baca juga : PDIP Buka Peluang Usung Istri Ganjar

Lantas, ke manakah Kang Emil akan berlabuh? Menjadi petahana di Pilgub Jabar atau akan "merantau" ke Pilgub Jakarta? Berikut wawancara dengan Viva Yoga Mauladi mengenai hal ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.