Dark/Light Mode

Kang Emil Di Jakarta Atau Jabar, Tergantung Golkar

Viva Yoga Mauladi: Kami Tak Ikut Campur Urusan Internal Golkar

Minggu, 23 Juni 2024 07:40 WIB
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.

 Sebelumnya 
PAN ingin mengusung politisi Golkar Ridwan Kamil (Kang Emil) untuk maju ke Pilgub Jakarta ya?

Beberapa pekan lalu ada wacana, Kang Emil akan diusung Partai Golkar di Jakarta. Sekarang kita lihat saja, apakah Golkar akan mengusung Kang Emil di Jakarta atau tidak.

Golkar belum pasti mengusung Kang Emil di Jakarta. Karena, elektabilitas Emil tertinggi di Jabar. Bagaimana tanggapan PAN?

Soal Kang Emil, tergantung keputusan Partai Golkar. Karena, Kang Emil kader Golkar. Apakah Kang Emil dicalonkan di Jakarta atau di Jawa Barat, sepenuhnya keputusan Golkar.

Baca juga : Jangan Ukur Stunting Pake Alat Ala Kadarnya

Bukankah PAN menginginkan Kang Emil maju di Jakarta?

PAN tidak akan ikut campur urusan internal Partai Golkar. Pada waktu itu memang banyak usulan, harapan, agar Kang Emil masuk Daerah Khusus Jakarta. Semuanya dikembalikan kepada Golkar, apakah Kang Emil diusung di Jakarta atau Jawa Barat.

Siapa kader internal yang diusulkan PAN untuk Pilgub Jakarta?

PAN akan mengusung Mbak Zita Anjani sebagai bakal calon wakil gubernur (Bacawagub). Mbak Zita  kader PAN, punya pengalaman empiris sebagai Wakil Ketua DPRD Daerah Khusus Jakarta (DKJ), dekat dengan rakyat dan punya pengalaman untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di DKJ.

Baca juga : Di 2029, PPP Yakin Kembali Ke Senayan

Jika Kang Emil tidak di Jakarta, PAN ingin menduetkan Zita dengan siapa?

Tergantung proses kerja sama dan koalisi. PAN menginginkan kerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), agar bisa memenuhi persyaratan Undang-Undang Pilkada, yaitu memiliki 20 persen kursi di lembaga legislatif (DPRD) untuk mengusung Cagub-Cawagub. Kita lihat prosesnya, dinamikanya.

Sudah sejauh mana proses di KIM? Akankah ada partai lain yang ikut bergabung?

Kita lihat saja perkembangannya.

Baca juga : PDIP Buka Peluang Usung Istri Ganjar

Maksudnya partai apa?

Misalnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PAN akan senang jika bisa berkoalisi dengan PKS. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Minggu, 23 Juni 2024 dengan judul "Kang Emil Di Jakarta Atau Jabar, Tergantung Golkar, Viva Yoga Mauladi: Kami Tak Ikut Campur Urusan Internal Golkar"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.