Dark/Light Mode

Masih Banyak Yang Menolak Pembatasan Usia Kendaraan

August Hamonangan: Layanan Transportasi Umum Belum Optimal

Sabtu, 29 Juni 2024 07:40 WIB
August Hamonangan, Anggota Komisi B DPRD Jakarta. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
August Hamonangan, Anggota Komisi B DPRD Jakarta. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Menurut survei KedaiKOPI, 49,2 persen masyarakat tidak setuju aturan pembatasan usia dan jumlah kepemilikan kendaraan. Pendapat Anda?

Tentu banyak yang tidak setuju kebijakan pembatasan usia dan kepe­milikan kendaraan bermotor.

Bagaimana solusinya?

Kita harus memahami, kebijakan pembatasan usia dan kepemilikan kendaraan bermotor, untuk mengu­rangi kemacetan dan polusi udara di kota besar seperti Jakarta. Namun, hal ini merupakan tindakan yang tidak populis.

Baca juga : Menhub Geber Proyek Di Medan Dan Bandung

Kenapa tidak populis?

Karena, akan mengganggu status quo dan berdampak pada sektor pen­jualan otomotif. Warga juga menjadi terbatas pilihan transportasinya.

Di survei KedaiKOPI, 13,2 persenresponden menolak aturan itu, karena transportasi umum belum merata. Tanggapan Anda?

Iya, hal ini juga disebabkan belum optimalnya layanan transportasi umum di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. Sehingga, kendaraan pribadi masih menjadi pilihan mayoritas warga Jabodetabek.

Baca juga : Indonesia Diprediksi Bakal Sukses Swasembada Pangan

Apa yang harus dilakukan Pemerintah agar aturan pembatasan usia dan kepemilikan kendaraan, bisa diterapkan?

Aturan ini bisa diterapkan jika Pemerintah Jakarta dan Pemerintah Daerah di Bodetabek sudah menye­diakan layanan transportasi yang terintegrasi dan optimal.

Anda yakin jika transportasi publik baik, penggunaan kenda­raan pribadi akan berkurang signifikan?

Jika transportasi massal sudah ter­integrasi dan pelayanannya optimal, saya yakin, masyarakat akan sukarela beralih moda transportasi.

Baca juga : PDIP Bicara Kotak Kosong Di Jateng

Apa lagi yang harus dilakukan Pemerintah Jakarta agar masyara­kat setuju aturan pembatasan usia dan kepemilikan kendaraan ini?

Penting bagi Pemprov Jakarta untuk melakukan sosialisasi yang lebih baik, terkait tujuan dan manfaat setiap kebijakan yang akan diterap­kan. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Sabtu, 29 Juni 2024 dengan judul "Masih Banyak Yang Menolak Pembatasan Usia Kendaraan, August Hamonangan: Layanan Transportasi Umum Belum Optimal"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.